BULUKUMBA – Bupati Bulukumba, Muchtar Ali Yusuf melakukan penanaman perdana bibit jambu mente di Desa Tamalanrea, Kecamatan Bontotiro, Bulukumba, Kamis, (9/6/ 2022).

Baca juga: Kepala DPMD Siapkan 31 Pjs Kades di Bulukumba

Jambu mente yang dikerjasamakan dengan perusahaam PT. Comextra Majora itu akan ditanam massal sebanyak 20 ribu bibit di 295 hektar ladang perkebunan warga di Desa Tamalanrea dan sekitarnya.

Andi Utta sapaan akrab Bupati Bulukumba di sela-sela penanaman mengaku, jika kegiatan ini merupakan upaya dari pelaksanaan program unggulannya melalui bibit unggul untuk meningkatkan ekonomi warga melalui pertanian.

Jambu mente, kata Andi Utta, merupakan komoditas unggulan yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

“Pasarnya bukan hanya di dalam negeri, namun dieksport hingga negara Eropa dengan harga mahal,” ungkapnya.

Apalagi, kata Andi Utta bibit jambu mente yang akan dibagikan ini merupakan bibit unggul melalui sambung pucuk. Kelebihan bibit jambu mente ini adalah hanya dalam waktu satu tahun sudah bisa berbuah.

“Bibit ini sudah diuji coba di NTT, hanya waktu setahun sudah bisa dinikmati hasilnya. Jutaan bibit di sana sudah ditanam,” katanya.

Andi Utta mengaku direksi dari PT. Comextra Majora yang berdiri sejak 1988 itu adalah koleganya. Ia sengaja mengajak perusahaan tersebut membantu warga Bulukumba melalui bibit unggul oleh karena perusahaan ini sudah memiliki pasar luar negeri di berbagai negara, termasuk di Eropa.

Dikatakan, perusahaan ini akan terus membantu menambah bibit unggul jambu mete sehingga lahan warga lebih produktif.

“Kita berharap dengan bibit unggul ini, Bulukumba ke depan menjadi pemasok jambu mente,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tamalanrea menyampaikan terima kasih kepada Bupati Bulukumba yang telah memfasilitasi dan menghadirkan PT. Comextra Majora masuk membantu warga Bulukumba dengan bibit unggul.