INGGRIS – FIFA akan mengambil tindakan tegas terhadap pelaku rasis termasuk pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang mempertemukan antara Hungaria vs Inggris hari Jum’at, (03/09).

Baca Juga : Terpapar Covid-19, Bintang Arsenal Granit Xhaka Menolak Vaksin

Laga tersebut berakhir dengan skor 0-4 atas kemenangan Inggris lewat goal Raheem Sterling 55′, Harry Kane 36′, Harry Maguiere 69′, Declan Rice 87′. Namun, pertandingan yang berlangsung di Stadium Puskas Ferenc menyisahkan insiden rasis “nyanyian monyet”.

Nyanyian rasis monyet diarahakan ke Sterling dan Bellingham yang membuat FIFA angkat bicara terkait masalah tersebut. Laga tersebut juga diwarnai pelemparan suar dan dan rudal ke dalam lapangan.

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, meminta kepada FIFA agar mengambil tindakan tegas terhadap kejadian pelecehan yang dilakukan ke pemainnya.

“Saya mendesak FIFA untuk mengambil tindakan tegas terhadap mereka yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa perilaku tercela semacam ini diberantas dari permainan untuk selamanya,” kata Boris dikutip dari sports.ndtv.com, Jum’at (03/09/2021).

Pihak FIFA akan meminta keterangan pertanggungjawaban Hungaria setelah laporan pertandingan diterima.

“Pertama dan terpenting, FIFA sangat menolak segala bentuk rasisme dan kekerasan dan memiliki sikap toleransi nol yang sangat jelas untuk perilaku seperti itu dalam sepak bola. FIFA akan mengambil tindakan yang memadai segera setelah menerima laporan pertandingan mengenai pertandingan Hungaria-Inggris kemarin,” katanya dalam sebuah pernyataan.