Makassar – Warga di kelurahan Lembo
mengikuti Sosialisasi Pemahaman Ideologi Pancasila dengan tema membumikan pancasila kepada generasi muda bertempat di jalan Tinumbu lorong 165 kelurahan Lembo, Makassar pada Minggu (12/06/22).

Kegiatan ini dilaksanakan dengan peserta sebanyak 40 orang dari warga sekitar menghadirkan narasumber sekakigus membuka kegiatan, Ketua Umum LSM GERAK INDONESIA DIV Sulsel, Kadar Hakim.

“Kegiatan ini sangat penting untuk menanamkan kembali pentingnya kesadaran berbangsa pada setiap remaja di lingkungan masyarakat dalam mencegah perpecahan dan konflik sosial,” ujarnya.

Lebih lanjut Kadar menambahkan, remaja sekarang ini hanya hafal isi dari Pancasila. Namun, cenderung tidak memahami makna dari Pancasila itu sendiri. Oleh karena itu, dengan mengikuti sosialisasi ini diharapkan memiliki pemahaman yang lebih luas dan mendalam tentang apa yang terkandung dalam Pancasila dan UUD 1945 serta menerapkannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Salah satu bentuk pembinaan ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan agar lebih dipahami oleh seluruh elemen masyarakat dalam hal ini sebagai generasi bangsa yang ada pada lingkungan ini.

Pancasila memiliki beberapa fungsi selain sebagai dasar negara juga merupakan pandangan hidup, kepribadian dan jiwa bangsa Indonesia serta sebagai sumber hukum Negara Indonesia. Sementara tujuan dari bangsa sudah termaktub dalam UUD 1945 alinea ke empat. Jadi semua tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia sudah diatur dengan rinci dan jelas.

Selain itu,secara simbolik sila ke-3 Pancasila dilambangkan dengan pohon beringin yang menandai tempat berteduh ataupun berlindung. Dari simbol tersebut dapat kita makna sila ke-3 sebagai representasi seluruh rakyat Indonesia bisa berlindung dan berteduh di bawah naungan Negara Indonesia.

Contoh Sikap Sila ke-3 Dalam Kehidupan