JENEPONTO – Petugas Nakes Puskesmas Tolo, Kecamatan Kelara, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, menggelar vaksinasi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 10 Jeneponto, Sabtu (4/9/2021).

Mereka datang ke sekolah tidak untuk belajar, melaingkan untuk berpartisipasi dalam vaksinasi.

Satu persatu nama siswi dipanggil ke meja 1 untuk dilakukan skrining oleh dokter sebelum penyuntikan. Raut wajah mereka tampak bahagia.

Kepala Puskesmas Tolo, Julianti Irham mengatakan vaksinasi dosis pertama ini diperuntukan bagi siswi berusia 16-17 tahun.

“Kalau ini sesuai edaran pemerintah tanggal 1 Juli 2021, itu untuk usia 12 sampai 17 tahun itu sudah bisa divaksin. Jadi kita turun lagi mensosialisakan edaran baru,” jelasnya.

Ia menyebut vaksinasi ini dilakukan atas permintaan dari pihak sekolah. Vaksin yang dipakai masih jenis Sinovac.

“Tadi ada kegiatan sosialisasi sekaligus vaksinasi. Karena sudah ada beberapa orang yang sudah mendapat izin dari orang tua siswa,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, ada sekitar 32 siswa yang mendapatkan suntikan vaksin. Hal ini tak lepas dari persetujuan orang tua siswa.

“Tadi sudah dilaksanakan 32 siswa sudah diberikan vaksinasi,” jelasnya.

Lanjut kata Julianto, ada 20 vial vaksin yang telah disiapkan oleh pihak puskesmas. Target vaksinasi kali ini sebanyak 200 siswa.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (PLT) SMK 10 Kelara, Yocang Malombasi mengaku vaksinasi terhadap siswa ini sebagai salah satu persyaratan dalam menerapkan proses pembelajaran tatap muka atau PTM.

“Tujuannya sebagaimana yang telah disampaikan kepada pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka di masa pandemi ini. Siswa dan guru harus diberikan vaksin,” terangnya.

Kata dia, pihak sekolah berharap agar seluruh siswa yang berjumlah 223 itu dapat berpartisipasi. Supaya proses belajar tatap muka bisa segera dilaksanakan.