MAKASSAR -Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Edi Kurniadi, Minggu (5/09) mengatakan 78 Persen Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada Lapas dan Rutan di Sulawesi Selatan sudah divaksin Covid-19.

Edi mengatakan, berdasarkan data pada  4 September, ada 10.647 orang  WBP yang menghuni Lapas dan Rutan di Sulsel. Dari jumlah tersebut sebanyak 8.325 orang sudah di vaksin covid 19 dengan rincian, 4283 orang telah divaksin dosis pertama dan 4042 orang telah divaksin dosis lengkap (pertama dan kedua).

Baca Juga: 5471 WBP Lapas dan Rutan di Sulsel Jalani Vaksin

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto berterima kasih kepada Pemprov Sulsel, Pemerintah kabupaten dan Kota  di sulsel , TNI , Polri, Poltekes dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Makassar serta semua pihak yang telah  membantu vaksinasi covid 19 pada Lapas dan Rutan di Sulsel.

“Sisa 2.322 WBP yang belum di vaksin dan akan segera kami koordinasikan dengan pihak terkait. Bagi WBP yang kurang sehat, saat ini dalam pengobatan agar mereka bisa divaksin juga,” Kata kakanwil Harun.

Menurut Kakanwil Harun, dari 24 Lapas dan Rutan di Sulsel ada 15 lapas dan Rutan yang  capaian vaksinasinya diatas 85 persen yakni Rutan Pinrang, Bantaeng, Sidenreng Rappang, Watansoppeng, Malino, Sinjai, Barru,Enrekang,Pangkajene , Jeneponto, Sengkang dan Selayar. Kemudian Lapas Kelas I Makassar, Takalar, dan Lapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa.

Kakanwil Harun mengatakan, Vaksinasi ini sebagai salah satu ikhtiar agar para WBP terhindar dari covid 19. Selain itu pihaknya  memonitor dan mengevalusi penerapan prokes Covid-19 di Lapas/Rutan yang meliputi ketersediaan tempat cuci tangan, penyemprotan disinfektan, pembagian masker dan kedisiplinan penggunaannya,  pembagian vitamin, alat cek suhu tubuh, protap menjaga jarak dan pencegahan kerumanan, pengaturan olahraga WBP, penyuluhan oleh dokter dan para medis kepada  WBP dan penanganan serta  mekanisme jika ada WBP yang sakit.