MAKASSAR – Pemerintah Kabupaten Luwu Utara (Pemkab Lutra) menggelar pelatihan manajemen bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) tahun anggaran 2022 melalui Dinas Sosial, yang diselenggarakan di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu Utara, Kamis (16/6/2022).

Baca Juga : MPK SMA Islam Athirah Gelar Kunjungan ke DPRD Sulsel

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lutra, Armiadi mengatakan pemerintah daerah melalui dinas sosial mengalokasikan sebanyak 5 kelompok di tiga kecamatan yang diperuntukkan untuk kelompok usaha bersama yang diberikan kepada warga kurang mampu.

“Kube ini sudah lama terbentuk yang inventarisasi untuk keluarga kita yg kurang mampu sehinga pemda mengupayakan bagaimana kemudian kita yg ada di Kube kategori bisa diberdayakan salah satunya adalah memberikan bantuan melalui Kube ini,” ujarnya.

Ia, berharap penerima Kube mengikuti proses belajar mengajar dengan baik, sehingga PR Lutra yang mempunyai angka kemiskinan yang tinggi bisa sedikit teratasi.

“Olehnya kita berupaya dan kita berharap yang mengikuti pelatihan ini dapat keluar dari garis kemiskinan. Intinya bagaimana bantuan ini dapat kita manfaatkan dengan maksimal, penerima Kube ini betul-betul diberikan atensi dan perhatian” ujarnya.

Ia menambahkan ketika pulang dari pelatihan tersebut, ada aturan main yang harus dijalankan bersama.

“Saya titip pesan jangan sampai bantuan yang pemda berikan tidak dimanfaatkan dengan baik,” ucapnya.

Sedangkan, Kabid Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten Luwu Utara, Jufri melaporkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman terhadap anggota kelompok agar bantuan hibah yang diberikan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan jenis usaha yang telah dikelola.

“Sebagai motivasi terhadap anggota kelompok dalam mengelola usaha yang telah berjalan atau yang baru memulai usaha yang telah berjalan atau yang baru memulai usahanya,” katanya.

Kelompok Kube yang mengikut pelatihan hari ini adalah 5 kelompok dengan masing-masing kelompok berjumlah 10 orang.

“Kelompok usaha bersama (KUBE) yang dialokasikan masing-masing kecamatan mappedeceng desa cendana putih I berupa Kube unggas mandiri jenis usaha ternak bebek petelur, Kube mekar sari jenis usaha ternak ayam kampung,” terangnya.

Kecamatan baebunta desa baebunta Kube meubel rahma jenis usaha meubel, kecamatan masamba desa baloli Kube paddi jenis usaha pandai besi, desa rompu Kube karya indah jenis usaha menjahit.