KESEHATAN – Daun pandan sering digunakan untuk menambah rasa pada makanan. Daun pandan dapat memberikan aroma yang lezat dan unik pada makanan untuk menggugah selera. Selain digunakan sebagai pewarna alami dan aroma yang menyenangkan, daun pandan juga banyak digunakan dalam pembuatan termasuk air.

Baca Juga : Srikandi PP Sulsel Dukung Diza Rasyid Ali Periode 2022-2027

Padahal, saat ini sudah banyak infused water.

Daun pandan juga mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan di dalamnya, seperti vitamin C, vitamin A, thiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), niacin (vitamin B3), dan karotenoid. Kandungan ini membuat daun pandan sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Dilaporkan dari alodokter berikut 7 manfaat daun pandan untuk kesehatan:

1. Meredakan nyeri sendi

Minyak yang terbuat dari ekstrak daun pandan dipercaya dapat meredakan nyeri sendi. Hal ini dikarenakan di dalam daun pandan terdapat banyak senyawa bioaktif.  Kandungan ini dapat meredakan nyeri sendi dan radang sendi.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Daun pandan juga memiliki manfaat penyakit jantung. Daun pandan mengandung senyawa karotenoid tingkat tinggi. Senyawa ini dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner akibat pembentukan plak (aterosklerosis). Karena itu, Anda bisa terhindar dari risiko penyakit jantung.

3. Pengobatan Luka Bakar Ringan

Anda juga bisa menggunakan daun pandan untuk mengobati luka bakar ringan. Daun pandan mengandung asam tanat.  Kandungan ini mampu mendinginkan area kulit yang terkena. Anda bisa menaburkan bubuk daun pandan pada area yang terbakar untuk mendapatkan manfaat tersebut.

4. Jaga Fungsi Penglihatan

Daun pandan juga dipercaya dapat menjaga fungsi penglihatan. Hal ini karena daun pandan mengandung vitamin A dan beta karoten yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan mata.