JAKARTA – Peristiwa planet sejajar merupakan peristiwa tidak biasa. Momentum ini akan terjadi pada minggu ini, (24/6/2022).

Baca Juga : Dirjen Bina Bangda Dukung Penuh Langkah Pengendalian Wabah Penyakit Mulut dan Kuku

Jadi, planet apa yang muncul dalam peristiwa planet sejajar? Berikut adalah beberapa fakta tentang peristiwa planet paralel.

1. Fenomena Planet Sejajar Terakhir terjadi 1864

Fenomena planet sejajar terakhir terjadi pada tanggal 5 Maret 1864, dilansir dari situs Space. Ketika Peristiwa ini terjadi, kelima planet akan muncul di langit dengan urutan yang sama seperti pada orbitnya masing-masing mengelilingi matahari.

2. Susunan Planet Sejajar

Nantinya, kelima planet itu, dimulai dengan Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus, secara berurutan. Ciri-ciri kelima planet tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Merkurius – Secara kasat mata, terlihat sekitar 30 hingga 40 menit sebelum matahari terbit di timur-timur Laut.
  2. Planet Venus akan terbit pukul 15:30.
  3. Mars biasanya terbit pada pukul 2 pagi waktu setempat. Warna Mars muncul dalam warna oranye-kuning yang khas.
  4. Jupiter Bagian barat planet ini sedikit lebih besar dari bagian timur teleskop.
  5. Saturnus tampak seperti “bintang” kuning-putih cerah yang bersinar dengan cahaya.
3. Sangat jarang untuk melihat kelima planet sekaligus

Menurut USA Today, momentum seperti itu tidak akan terlihat lagi selama 20 tahun.  Namun, jarang sekali melihat kelima planet dalam satu garis lurus. Biasanya orang hanya bisa melihat deretan dua atau tiga planet.

“Meskipun melihiat dua atau tiga planet berdekatan (yang dikenal sebagai konjungsi) adalah hal yang agak umum, melihat lima agak lebih jarang,” katanya, Selasa (21/6/2022), dikutip USA Today .

4. Waktu Melihat Fenomena Planet Sejajar

Menurut Dr. Greg Brown, petugas astronomi publik di Royal Museums Greenwich, mengatakan planet paling gampang dilihat adalah Venus dan Jupiter.  Venus berada di atas cakrawala pada jam 4 pagi waktu Inggris, Mars dan Jupiter pada jam 2.45 pagi.

Saturnus naik ke cakrawala sekitar jam 1 pagi, tetapi Mars akan sulit dilihat saat senja. Merkurius sulit ditemukan karena baru keluar pada pukul 4.30 pagi, yaitu saat matahari terbit.

“Satu-satunya kesempatan Anda untuk melihat kelima planet pada saat yang sama adalah sebelum matahari terbit,” katanya, Selasa (21/6/2022), dilansir The Guardian.