JAKARTA – Telegram saat ini mengeluarkan fitur premium dengan biaya langganan sebesar Rp70 ribu untuk tiap bulannya, hal itu dibuat untuk mengakomodir sejumlah keperluan penggunanya. Kemunculan fitur ini tidak akan mengurangi klaim Telegram sebagai aplikasi yang independen.

Baca Juga : Telegram Cari Sumber Pendapatan Baru

Melalui keterangan resminya, Telegram mengatakan, kontribusi dari pengguna fitur premium dapat memastikan Telegram dapat terus mendorong pengembangan aplikasi dalam waktu yang panjang dan tetap membuat Telegram tersedia secara gratis dengan fitur-fitur yang telah ada sebelumnya.

“Kontribusi dari pengguna yang berlangganan Telegram Premium memastikan Telegram dapat terus mendorong pengembangan aplikasi dalam jangka panjang, serta tetap membuat Telegram tersedia secara gratis dengan seluruh fitur-fitur yang sudah ada selama ini,” kata Telegram dilansir dari CNNIndonesia.com.

Terdapat 12 keuntungan yang bisa didapat pengguna dengan mengaktifkan Telegram Premium. Pengguna yang berlangganan juga dapat mengakses sejumlah fitur eksklusif disamping fitur-fitur gratis yang tersedia.

Berikut 12 Keuntungan Telegram Premium :

1. Batas unggahan file yang digandakan menjadi 4GB per file, sementara pengguna gratis akan tetap dapat mengunggah file dengan batas maksimal 2GB per file.

2. Fitur mengunduh media dan file dengan kecepatan unduhan maksimal.

3. Peningkatan batasan akses bagi pengguna Telegram Premium, termasuk di antaranya batas untuk mengikuti channel sebanyak 1.000 channel (500 untuk pengguna gratis), membuat 20 chat folder (10 untuk pengguna gratis) dengan masing-masing 200 chat (100 untuk pengguna gratis), memiliki empat akun untuk satu aplikasi Telegram, melakukan pin 10 chat (5 untuk pengguna gratis), dan 10 stiker favorit (5 untuk pengguna gratis).

4. Melakukan transkripsi (konversi dari pesan suara menjadi teks) untuk pesan suara yang diterima pengguna dari lawan bicaranya.