JAKARTA – Pemohonan permintaan maaf dilakukan oleh pihak Trans TV setelah mengundang Saipul Jamil yang baru saja bebas dari penjara akibat kasus kekerasan seksual anak dibawah umur sebagai bintang dalam sebuah acara, Jum’at (3/9/2021) lalu.

Baca Juga : Polri dan Staf Khusus Presiden RI Gelar Vaksinasi Serentak Rumah Ibadah

Stasiun Televisi Swasta, Trans TV, mengatakan bahwa mereka telah menerima kritikan sejak adanya penayangan yang mengundang Saipul Jamil pada salah satu program acaranya yaitu Kopi Viral.

“Kami menerima kritik dan masukan terkait program Kopi Viral yang tayang di TRANS TV pada hari Jumat, 3 September 2021 dengan bintang tamu Saipul Jamil,” kata Trans TV dalam pernyataan resminya di Instagram, Senin (9/9/2021).

Lanjut pihak Trans TV, mengungkapkan bahwa mereka meminta maaf atas penayangan acara tersebut dan akan melakukan evalusasi secara menyeluruh serta akan menjadikan insiden tersebur menjadi suatu pelajaran ke depan.

“Kami mohon maaf atas tayangan tersebut. Hal ini menjadi perhatian khusus dan telah melakukan evaluasi menyeluruh untuk menjadi pembelajaran dan perbaikan ke depannya. Terima kasih atas perhatiannya,” ujar Trans TV.

Diketahui sebelumnya, Saipul Jamil dihukum penjara atas dua kasus berbeda yaitu pencabulan dan penyuapan. Sesaat setelah keluar dari penjara pada Kamis, 2 September 2021, Ia disambut bak pahlawan dengan dikalungi sebuah bunga serta diarak menggunakan mobil Porsche merah layaknya seorang pemenang medali emas olimpiade.

Warganet yang telah geram sebelumnya telah membuat sebuah petisi agar memboikot Saipul Jamil untuk tampil di televisi maupun YouTube. Hal tersebut ditujukan kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) supaya melarang televisi mengundang pelaku tindak kekerasan seksual tersebut.

Hingga saat ini petisi berjudul Boikot Saipul Jamil mantan narapidana pedofilia tersebut telah tampil di televisi nasional serta juga pada Youtube telah ditandatangani oleh lebih dari 400 ribu orang dan masih akan terus bertambah.