SELAYAR – Untuk mewujudkan jaminan kesehatan bagi masyarakat di Kepulauan, anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham menggandeng Konsultan Kesehatan optimalkan sosialisasi dan advokasi pelayanan kesehatan di Kabupaten Selayar.

Baca Juga : Diskominfo Selayar Siap Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan Basis Elektronik

Kegiatan tersebut berlangsung alot dengan pemaparan materi oleh konsultan ahli kesehatan, Prof Abdul Kadir. Juga turut dihadiri Anggota DPRD Kabupaten Selayar Miswar Wahyudi Nasir Leha dan Sukri serta kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Selayar.

 

Aliyah menjelaskan, pelayanan kesehatan primer (primary health care/PHC) ini menjadi perhatian prioritas.

 

“Untuk itu kami massif edukasi ke masyarakat melalui sosialisasi dan advokasi dan kali ini kami menyasar masyarakat kepulauan,” jelasnya.

 

Sementara itu, Konsultan Ahli Kesehatan, Prof Abdul Kadir menyampaikan dalam materinya, jika pelayanan kesehatan primer mencakup beberapa hal yakni diantaranya peningkatan kesehatan ibu dan anak dan percepatan perbaikan gizi masyarakat.

 

Tidak hanya itu, pelayanan lainnya adalah peningkatan pengendalian penyakit, pembudayaan gerakan masyarakat hidup sehat (germas), serta penguatan sistem kesehatan dan pengawasan obat dan makanan.

 

“Dalam penguatan layanan ini, tentu layanan kesehatan harus turut diperkuat dari tingkat desa melalui puskesmas pembantu (pustu) hingga klinik pratama mandiri,” jelasnya.

 

Untuk itu melalui kegiatan tersebut diharapkan mampu mengedukasi masyarakat ataupun dinas kesehatan setempat, agar tujuan dari layanan tersebut tepat sasaran tentunya.

 

“Pengaplikasian layanan ini juga, tak terlepas dari upaya perjuangan Ibu Aliyah Mustika Ilham yang mencurahkan perhatian untuk masyarakat di kepulauan Selayar. Salah satu buktinya adalah realisasi pembangunan Rumah Sakit Pratama di beberapa wilayah untuk memaksimalkan layanan tersebut tentunya,” ucapnya.