MAKASSAR – Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi kembali memimpin rapat koordinasi lorong wisata diruang Sipakatau Lantai ll, Kamis (21/4/2022).

Dalam rakor ini Fatmawati meminta seluruh SKPD pendamping yang bertanggung jawab pada wilayah masing masing untuk persiapan 1000 lorong, sudah konkret.

“Jadi masalah dasar untuk lorong wisata baik itu lampu lorong, drainase, paving blok, tadi hadir kadis perhubungan dan PU, itu sudah menjawab secara teknis, artinya jelas pelaksanaan sudah siap dan aksinya usai lebaran,” kata Fatmawati

Bahkan menurutnya Kecamatan Panakkukang telah siap launching Lorong Wisatanya saat H plus tiga setelah lebaran.

Walaupun itu masih libur, tapi mereka sudah siap karena DPA dan anggarannya mereka sudah siapkan,” ujar Fatma.

Sementara itu Wawali Makassar meminta Dinas Pemberdayaan Perempuan untuk bertanggung jawab terhadap 50 lorong dengan program Jagai Anakta, serta Pojok Asi.

“Pokoknya yang berhubungan dengan pemberdayaan perempuan dengan melihat potensi apa yang perlu dikembangkan serta apa permasalahan lorong dan apa yang harus dilakukannya,” tutur Fatma.

Fatma juga meminta setiap Kecamatan tiap minggu koordinasi dengan lurahnya untuk identifikasi lorong kemudian menclaster seperti apa supaya lorong jadi ikon.

“Sebelumnya kan sukses buat lorong garden, badan usaha lorong tentunya lorong wisata ini harus lebih baik kedepannya,”ungkapnya.

Fatmawati berharap dengan adanya lorong wisata akan mampu melahirkan Startup di lorong lorong.

“Pokoknya RPJMD realisasi 5 ribu lorong wisata jadi tiap tahunnya, ada seribu di dan ini hadir untuk membangkitkan ekonomi di tengah pandemi kita serta melahirkan startup lorong,” jelasnya.