MAROS – Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani, menghadiri pelaksanaan Pra-Penas 2022, yang dibuka Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, di Kabupaten Maros, Sabtu, 25 Juni 2022.

Mengusung tema Memantapkan Penguatan Komoditi Lokal untuk Kemandirian Pangan, kegiatan yang berlangsung hingga 27 Juni 2022 ini diikuti sebanyak 5.300 orang peserta dari seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Abdul Hayat memperkenalkan program Mandiri Benih. Ia menjelaskan, untuk meningkatkan kesejahteraan petani, Pemprov Sulsel menyalurkan benih unggul secara gratis kepada petani melalui program tersebut.

“Benih unggul tersebut melalui proses penangkaran di masing-masing daerah, agar benih dapat beradaptasi dengan tanah yang akan ditanami dengan mengurangi penggunaan bahan kimia,” jelas Abdul Hayat.

Menurut Abdul Hayat, Pemprov Sulsel bertekad menjadikan pembangunan sektor pertanian sebagai sektor prioritas dan andalan, melalui program pemberdayaan ekonomi kerakyatan dengan hilirisasi pertanian, yang bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah komoditi pertanian. Dengan demikian, akan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan petani.

Di hadapan Menteri Pertanian dan ribuan pemerhati pertanian dari seluruh Indonesia, Abdul Hayat mengungkap keberhasilan Sulsel dalam menopang kebutuhan pangan nasional. Dimana, Sulsel mampu mensuplai 50 persen atau sekitar 100 ribu ton beras dari total kebutuhan Bulog secara nasional pada kwartal satu di tahun 2022, dengan total stok beras yang tertampung di Bulog Sulsel sebanyak 200 ribu ton.

Pada kesempatan itu, Abdul Hayat menitip harapan agar pelaksanaan Pra-Penas ini tidak hanya menjadi pertemuan silaturahmi belaka, tetapi juga menjadi wadah untuk belajar mengajar dan sharing pengalaman, serta menjajaki kemungkinan pengembangan mitra usaha. Apalagi, Pra-Penas dimaksudkan untuk memotivasi dan menggairahkan petani, nelayan, serta masyarakat pelaku agribisnis menuju Pekan Nasional Petani Nelayan (Penas) XVI Tahun 2023 di Kota Padang, Sumatera Barat, yang akan datang.