MAKASSAR – Bumi Karsa merupakan merupakan perusahaan nasional dibawah naungan Kalla Group. Bumi Karsa memiliki bisnis utama dalam bidang Konstruksi, Investasi, Plant, dan Alat Berat.

Baca juga : Proyek Bendungan Bolango Ulu, Kalla Beton Siapkan Produk Ready Mix

Bumi Karsa baru saja ikut serta dalam pembangunan taman refreshing baru di Kota Gorontalo, bernama taman Molosipat W.

Letaknya di dekat jembatan yang menghubungkan Kelurahan Molosipat dan Tenilo. Taman ini sudah bisa diakses oleh masyarakat mulai Agustus 2021 ini.

Kepala Teknik Bumi Karsa, M Taufik HM mengungkapkan bahwa Bumi Karsa ikut serta membangun Taman Molosipat W.

Bumi Karsa memanfaatkan lahan yang ada dengan membuat desain Taman di bantaran sungai dengan yang awalnya berupa semak, menjadi ruang terbuka hijau yang bisa bermanfaat bagi masyarakat di sekitar.

“Ruang Terbuka Hijau ini di lengkapi dengan permainan untuk anak-anak, bangku taman, dan jogging track. Bumi Karsa membuat taman sekaligus dengan pekerjaan pengendalian banjir bantaran sungai yang dimulai pada tahun 2018 lalu. Selain itu, taman ini bisa membantu masyarakat sekitar dalam menikmati estetika taman di sepanjang sungai,” ujarnya.

Selain pembuatan taman di Molosipat W, Bumi Karsa kini dalam tahap konstruksi pembuatan landscape di area kelurahan Tenda dengan memanfaatkan lahan bantaran sungai Selain itu, Bumi Karsa juga merencanakan pembuatan huruf timbul, permainan anak-anak, bangku taman serta menambah ornamen-ornamen lokal Gorontalo.

Huruf timbul diharapkan dapat menambah nilai estetika bangunan yang dibuat. Agar keberadaannya bisa membuat tampilan landscape lebih indah.

Tak hanya itu, Bumi Karsa juga giat menggelar program CSR. Di Gorontalo, Bumi Karsa telah rencanakan program penanaman pohon penghijauan di sepanjang bantaran sungai sekitar taman, dan pembuatan tempat wudhu dan MCK di Mesjid Darussalam Molosipat W.

Pembuatan ini hasil inisiasi dari Balai Wilayah Sungai II Sulawesi Gorontalo, dan di lanjutkan dengan proses desain bersama konsultan, dan tim Bumi Karsa.

Bumi Karsa turut membantu menunjang pembangunan nasional yang tersebar di berbagai daerah tanah air, khususnya di kawasan Indonesia Timur.

Keberhasilan Bumi Karsa terlihat dari keikutsertaannya dalam berbagai proyek konstruksi nasional seperti pembangunan jalan, jembatan, bendungan, irigasi, pelabuhan, pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, sekolah, universitas, rumah sakit, pabrik, dan fasilitas umum lainnya.

Untuk diketahui, Bumi Karsa telah memperoleh beragam sertifikat ISO dalam melaksanakan proyek. Dalam menjalankan proyek di di berbagai wilayah Indonesia, Bumi Karsa juga aktif menggelar sejumlah program Corporate Social Responsibility (CSR). Bumi Karsa telah memperoleh beragam sertifikat ISO dalam melaksanakan proyek.

ISO tidak hanya meninjau sistem yang diterapkan, namun dengan adanya ISO ini, Perusahaan lebih mampu memetakan standar dan fokus partisipasi pekerja dalam menciptakan tempat kerja yang lebih aman.

Sertifikasi ISO ini juga menitikberatkan pada penilaian berkesinambungan terhadap peluang untuk mengurangi risiko.