JAKARTA – PT PLN (Persero) terus meningkatkan pelayanan listrik bagi pelanggan, salah satunya dengan hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) besutan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

Baca Juga : Permudah Transaksi Digital Pedagang, Bank Sulselbar Sosialisasi QRIS di Pasar Tarowang

Kehadiran gerai PLN ini akan memudahkan masyarakat terhadap layanan kelistrikan.

Keterlibatan langsung PLN ini ditandai dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara KemenPANRB dengan 17 Kementerian/Lembaga/Korporasi, disaksikan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, Selasa (28/6/2022).

Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin menyatakan, pemerintah bertanggung jawab penuh dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas kepada seluruh masyarakat. MPP ini bertujuan untuk membantu mempermudah pelayanan publik bagi masyarakat dan juga dapat mendorong peningkatan investasi.

“Sudah seyogyanya MPP ini harus ada di seluruh wilayah di Indonesia. Saya mengapresiasi langkah kerja sama dan dukungan dari semua pihak untuk bisa membuat MPP ini berhasil. Ini bisa menjadi salah satu tolak ukur reformasi birokrasi nasional. Saya minta ini menjadi perhatian bersama,” ujarnya.

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Ad Intern, Mahfud MD menjelaskan hadirnya MPP ini merupakan langkah pemerintah untuk bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Upaya ini kata Mahfud untuk mempercepat izin usaha bagi masyarakat dan juga menjadi one stop services bagi pengaduan masyarakat.

“Langkah ini dilakukan untuk bisa meningkatkan daya saing global sehingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Hingga Juni 2022, sudah ada 59 MPP yang beroperasi untuk melayani masyarakat. Targetnya, hingga akhir tahun nanti ada 11 provinsi lagi yang akan dikebut untuk pembentukan MPP dan 2024 mendatang seluruh MPP ada di seluruh wilayah Indonesia.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menjelaskan dalam menciptakan pelayanan kelistrikan yang prima bagi masyarakat PLN hadir tak hanya secara digital melalui ponsel pintar para pelanggan. PLN juga hadir untuk langsung menjawab kebutuhan layanan kelistrikan masyarakat melalui gerai di Mal Pelayanan Publik.

“Saat ini memang kami mempunyai PLN Mobile yang bisa secara cepat dan tanggap menjawab kebutuhan layanan kelistrikan pelanggan. Namun kami sadar kehadiran langsung kami untuk melayani masyarakat juga penting agar pelanggan semakin puas dalam mendapatkan layanan kelistrikan,” ujarnya.

Nantinya, dalam gerai di MPP ini PLN akan melayani seluruh kebutuhan pelanggan mulai dari pasang baru listrik, layanan tambah daya dan juga menjadi posko pengaduan bagi masyarakat. Namun yang terpenting kata Darmawan, melalui gerai ini bisa menjadi one stop services bagi pelanggan maupun investor yang ingin mengakses berbagai layanan di PLN Grup.