TANGERANG – Kebakaran hebat terjadi pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 1, Banten, Rabu (8/9/2021) dini hari. Sebanyak 41 orang tewas dalam kejadian tersebut serta sejumlah 73 napi terluka yang 8 di antaranya mengalami luka berat.

Baca Juga : Kronologi Debt Collector Dikeroyok Warga di Jakbar

Kebakaran lapas tersebut berlokasi di Jalan Veteran No 2, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang tersebut sekitar pukul 01.45 WIB. Kejadian tersebut akibat terbakarnya salah satu blok di dalam lapas.

Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Rika Aprianti, mengatakan bahwa kebakaran hebat telah terjadi di Blok C Lapas Kelas 1 Tanggerang rabu dini hari.

“Kebakaran terjadi pada pukul 1.50 di Blok C Lapas Kelas I Tangerang,” ujar Rika melalui pesan suaranya, Rabu (8/9).

Lanjut Rika, mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya telah mengevakuasi korban sebab ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut dan sebagiannya mengalami luka sehingga dirawat di RSUD Tanggerang.

“Ada korban meninggal dan ada yang dirawat di RSUD Tangerang. Saat ini kami konsentrasi kepada pemulihan, evakuasi korban, dan menjaga lapas kelas 1 tangerang tetap kondusif,” ucapnya.

Terakhir Rika mebambahkan, menyebut bahwa sekitar 40 orang menjadi korban dalam peristiwa tersebut dan  saat ini masih dalam proses pendalaman.

“Korban meninggal sekitar 40 orang, dan kami update lagi, sementara proses pemadaman,” ungkapnya.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran, juga membenarkan peristiwa kebakarantersebut serta mengatakan bahwa terdapat korban luka dan meninggal yang berjumlah 41 orang.

“Iya benar tadi sekitar pukul 01.45 WIB ada kebakaran di dalam Lapas Kelas I Tangerang yang terjadi di blok C2. Dan akibat kejadian tersebut ada korban luka dan meninggal. Korban meninggalnya berjumlah 41 orang dan puluhan lainnya luka-luka,” ungkapnya.