KONAWE – Komunitas Ruang Buku Konawe mengajak masyarakat konawe agar membudayakan membaca dengan menggelar lapak buku di Kelurahan Inolobunggadue, Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Ini kegiatan rutinitas Komunitas Ruang Buku Konawe setiap dua pekan sekali mengadakan lapak buku,” kata Bidang Kependidikan Ruang Buku Konawe, Asti Septianingsih dikutip dari TribunnewsSultra.com, di Pelataran Perkantoran Daerah, pada Sabtu (2/7/2022).

Asti menambahkan, lapak buku ini terbuka untuk umum maupun anak-anak yang dapat berekspresi dengan mewarnai gambar yang disediakan.

Baca Juga : IOM Undang Komunitas Pengungsi Afghanistan dan Iran Berdialog

Ia menyebut, faktor yang mendasari kegiatan lapak buku ini berangkat dari keresahan di Konawe yang minat bacanya kurang.

“Iya, minat baca kurang karena mungkin kurangnya media atau wadah yang bisa mewadahi masyarakat di Konawe untuk bisa membaca,” sebutnya.

Lebih lanjut, kata Asti, secara perlahan pihaknya mengajak masyarakat Konawe untuk membaca melalui lapak buku ini.

Selain itu, pihaknya memperoleh buku-buku ini dari para donatur maupun berasal dari anggota komunitas, jumlah buku saat ini yang dimiliki sekitar 300 buku.

“Buku ini terkumpul sejak terbukanya Komunitas Ruang Buku Konawe dan terbentuknya sejak tahun 2018. Kami memiliki buku anak-anak, dewasa,” jelasnya.

Nonton Juga