Oleh: Kadis Dukcapil Prov Lampung, Achmad. 

Kita mengapresiasi atas kinerja Bapak Prof. Dr Zudan Arif Fakrulloh, S.H, M.H yang saat ini telah memasuki masa 7 Tahun Pengabdian sebagai Dirjen Dukcapil. Ijinkan Saya mewakili seluruh Kepala Dinas Dukcapil Provinsi atau sebutan lain yang mengurusi penyelenggaraan Adminduk di tingkat Provinsi menyampaikan kesan dan pesan/harapan kepada Bapak Dirjen.

Tanpa terasa 7 tahun sudah Dukcapil hebat dalam upaya Membahagiakan Masyarakat dinakhodai oleh Bapak Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH. Kami tahu betapa besar tantangan dan badai telah Bapak lalui. Dukcapil Kemendagri pernah terpuruk dengan suatu permasalahan krusial di negeri ini. Dukcapil daerah terpaut dengan banyaknya caci maki dengan nama sebagai tempat pungli sejak diterapkan nya Gratis Pelayanan Adminduk sesuai amanah UU nomor 23 tahun 2006 tentang Adminduk.

Namun, dengan gaya kepemimipinan Bapak Prof Zudan yang dimulai tahun 2015 sebagai Dirjen dengan pesat semua asupan pedas dan tindakan para oknum yang membawa Dukcapil terpuruk telah terkikis. Inovasi yang tiada henti untuk melayani masyarakat telah dikembangkan oleh Bapak Dirjen dan diikuti oleh jajaran dibawahnya yaitu di provinsi dan Kab/Kota khususnya sebagai pelayanan langsung Adminduk.

Rasa bangga sebagai Pejuang Adminduk ditorehkan didada kami dengan semangat DUKCAPIL BISA (Berkarya, Inovasi dan Inisiatif, Sabar namun penuh Semangat, Adaftif dan Amanah). Selanjutnya dimulai suatu Gerakan untuk menyadarkan masyarakat dalam memiliki dokumen kependudukan sebagai identitas yang harus dimiliki nya.

#BISA telah memacu semangat kami untuk bersama-sama dari Sabang sampai Merauke bergerak mengejar masyarakat yg ketinggalan karena ketidaktahuan pengurusan Adminduk, masyarakat apatis untuk miliki dokumen kependudukan, kondisi geografis yang menjadi tantangan Dukcapil untuk membangun masyarakat meraih harapan memiliki identitas, dan kondisi lainnya seperti kondisi peralatan dan penunjang lainnya yang terbatas, SDM yang memerlukan pembelajaran dan pandangan Pejuang Adminduk yang memerlukan motvasi dan semangat serta dorongan untuk membangun Satuan Kerja melayani masyarakat sepenuh hati dengan jiwa yg tulus, ikhlas dan pantang menyerah.

Baca Juga : Dirjen Dukcapil Anggap Menteri Tjahjo Kumolo Guru Sekaligus Mentor Terbaik

Dukcapil Berjalan dengan arah yang pasti, dibawah pimpinan Bapak Dirjen kami pangkas birokrasi yang berkepanjangan, masyarakat mulai merasakan betapa mudahnya mengurus kepemilikan dokumen kependudukan sebagai identitas pribadi, privasi masyarakat terjaga dan terlindungi, para Pejuang Adminduk terlindungi dengan terobosan regulasi hukum sebagai benteng perlindungan diri para pejuang adminduk.