MAROS – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Maros melaksanakan Bimbingan Teknis Penyusunan Master Plan Kota Cerdas (Smart City) Kabupaten Maros. Bimtek dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Bupati Maros, Senin (13/06/2022).

“Smart City ini diperlukan dalam menjawab tantangan zaman atas perkembangan penduduk yang semakin cepat, kompleks dan beragam sehingga menambah permasalahan baru dan pola kebutuhan masyarakat yang cenderung dinamis”. Hal ini disampaikan Bupati Maros HAS Chaidir Syam di awal sambutannya saat membuka secara resmi kegiatan ini.

Menurut beliau, saat ini seluruh kabupaten/kota se-Indonesia menyadari bahwa daerahnya sudah harus menerapkan pola smart city , kabupaten yang cerdas, kabupaten yang memberi  layanan kepada masyarakatnya dengan seefektif dan seefisien mungkin dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Olehnya itu, pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan apresiasi kepada pihak Kementerian Kominfo yang telah memfasilitasi dan memilih Kabupaten Maros menjadi salahsatu kabupaten binaan untuk  smart city di Indonesia. Beliau yakin bimtek ini akan memberikan pengetahuan dan juga pemahaman kepada seluruh peserta tentang gambaran sesungguhnya konsep smart city ini.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, tujuan dilaksanakannya Bimtek ini adalah untuk memperkenalkan dan menyusun Master Plan Kota Cerdas di Kabupaten Maros, mengintegrasikan dan mensinergikan antara perencanaan pengembangan Smart City di tingkat pusat dan daerah agar dapat mendorong proses pengembangan smart city yang efektif, efisien, inklusif dan partisipatif.

“Smart City merupakan upaya inovatif yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi berbagai persoalan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan menyelaraskan kebutuhan publik dan layanan pemerintah melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi”, jelas beliau.

Elemen Pembangunan Smart City yang harus menjadi prioritas, tambah beliau, terdiri dari 6 poin yakni Smart Government, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society dan Smart Environment. Untuk mencapai itu semua, Bupati meminta semua elemen pemerintah agar bekerjasama mewujudkan Maros sebagai smart city yang sesungguhnya.