MAKASSAR – Kepala Bidang Cipta Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DisPUTR) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Sumartini membocorkan masalah perbaikan drainase Jalan Antang, Kamis (14/7/2022).

Baca juga : Gerak Cepat Pemrov Sulsel Tangani Jalan Antang

Selain melakukan perbaikan Jalan Antang, DisPUTR Sulsel juga berencana untuk melakukan preservasi drainase di area tersebut. Namun Kabid Cipta Marga, Sumartini mengatakan hal ini memiliki masalah.

Putri Selayar ini menuturkan pihak DisPUTR Sulsel belum dapat memperbaiki drainase Jalan Antang dikarenakan ada banyak oknum warga yang tinggal di sekitar jalan tersebut telah melakukan pembangunan diatas selokan air yang menyebabkannya tersumbat dan tertutupi.

” Disini (di atas drainase Jalan Antang) orang membangun, kita ini harus kita bikin selokan, bagaimana mau bikin selokan (kalau ada properti warga), ini kan ada pengaliran karena katanya kan banjir. Jadi kita usahakan bagaimana caranya ini (air) dialirkan,” ungkapnya ketika ditemui Rakyat News, Rabu (13/7/2022).

Ditanya apakah bangunan-bangunan warga tersebut akan menghambat perbaikan drainase Jalan Antang, Sumartini belum berkata banyak.

“Nanti dilihat apakah terhambat ini (perbaikan drainase), karena otomatis bagaimana caranya kita kerjakan kalau ini semua orang-orang ada begininya (bangunannya), jalannya saja kita kerjakan (kalau masih ada bangunan warga)” lanjutnya.

Tambahnya, hal ini masih perlu disosialisasikan Pemerintah Kota Makassar terkait solusi bagi warga-warga yang menggunakan bahu jalan dan drainase.

“Ini masih mau di sosialisasikan ke masyarakat, karena banyak warga yang menempati bahu jalan dan selokan untuk apa ini (Kepentingan pribadinya), pagar-pagarnya sudah melewati ini (area rumah warga dan masuk ke bahu jalan dan diatas drainase Jalan Antang) tertutup toh rata-rata, ” pungkasnya.

Baca juga : Perkembangan Perbaikan Jalan Antang, Ini Kata Pihak DisPUTR Sulsel