KESEHATAN – Lansia, seperti mereka yang berusia 65 tahun ke atas, lebih rentan terhadap berbagai masalah kesehatan, termasuk tertular Covid-19. Tapi jangan lupa bahwa sebelum usia itu seseorang juga rentan.

Baca Juga : Dinsos Lutra Salurkan 25 Bantuan Sembako untuk Lansia

Ketika seseorang berusia 50 tahun, perubahan terjadi pada tubuh kita. Tidak hanya pada kesehatan kulit dan aktivitas fisik, tetapi juga pada usia ini, respon tubuh terhadap kebutuhan nutrisi berubah.

Seiring bertambahnya usia, tubuh Anda membutuhkan lebih banyak nutrisi dan vitamin untuk kesehatan yang lebih baik.  Dengan konsumsi makanan yang seimbang, tubuh dapat terhindar dari penyakit dan tetap aktif.

Konsumsi makanan ini sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh dan kekuatan imun. Menurut Medical Daily, ada banyak makanan yang cocok untuk orang di atas usia 50 tahun.

1. Makanan kaya serat

Sistem pencernaan kita mulai melambat setelah usia 50 tahun. Asupan serat yang cukup sangat penting untuk mencegah masalah pencernaan di usia tua.

Makanan kaya serat termasuk rasberri, kacang-kacangan, wortel, brokoli, dan berbagai buah dan sayuran, sangat cocok untuk dikonsumsi

2. Makanan kaya vitamin B12

Dr. Peeke menunjukkan bahwa seiring bertambahnya usia tubuh, jumlah asam lambung menurun, sehingga lebih sulit untuk memenuhi kebutuhan makanan akan vitamin B12. Vitamin ini sangat penting untuk menjaga sistem saraf yang sehat dan merupakan kunci untuk proses metabolisme.

Makanan yang kaya vitamin B12 termasuk daging, telur, makanan laut, dan produk susu.

3. Kunyit dan kayu manis

Seiring bertambahnya usia, indera perasa semakin berkurang. Hal ini terjadi karena produksi air liur dan kemampuan merasakan berkurang.

Kunyit dan kayu manis dapat ditambahkan untuk meningkatkan rasa dan juga kebutuhan tubuh. Mereka memiliki anti-inflamasi dan anti-bakteri jadi penting untuk kekebalan tubuh