MAKASSAR – Sekitar 35 lembaga kemanusiaan yang ada di kota makassar yang tergabung dalam Forum Komunikasi selama 5 Jam mengikuti workshoop Kampanye Donasi dan Tekhnik Komunikasi Advokasi yang dipaparkan oleh salah satu platform penggalang donasi Kitabisa.com., Sabtu 16 juli 2022 di Baruga Angin Mammiri Makassar.

Acara yang dibuka oleh Kepala
Dinas Sosial Kota makassar, Auliyah Arsyad SSTP. Msi. dalam sambutannya mengatakan, sangat mengapresiasi akan kerja relawan selama ini banyak membantu sekali.

“Kasus yang bisa tertangani karena turun tanganya relawan dalam menyelesaikan berbagai masalah sosial di masyarakat,” katanya.

Auliyah menambahkan, kini Dinas Sosial terus berbenah diri, utamanya perbaikan data dan respon yang terjadi.

Dia pun berterima kasih karena para relawan membangun jaringan dan kerjasama dengan pemerintah.

Sementara Itu, dr. Udin Malik Saputra selaku penggagas dan Ketua Forum Kemanusiaan Kota Makassar (FKKM) mengatakan, pertemuan awal ini digagas dengan berharap agar kerja- kerja relawan semakin profesional dan terarah.

“Pun di saat ini dengan menghadirkan dua pembicara dari kitabisa.com  sebagai salah satu upaya menambah wawasan dan referensi serta profesional dalam  pencarian donasi yang merupakan bagian dari kerja-kerja relawan,” katanya.

Dua pembicara dari Kitabisa.com yang mana dalam kesempatan tersebut, semakin membuat para peserta penasaran.

Pembicara pertama Fajar Yulianto, pria kelahiran Jakarta ini  yang menjabat sebagai Content Writer lead di Kitabisa.com memaparkan perlunya storytealing yang menarik untuk menyampaikan keadaaan yang dicarikan donor.

Sementara itu, pembicara kedua Fahril  yang menjabat sebagai NGO dan Comunity Coordinator Sulsel di kitabisa.com, memaparkan perlunya  kelengkapan dokumen bagi donor, keterbukaan dan  ketenagaan yang valid termasuk keabsahan lembaga yang mengumpulkan donasi.

Antusias peserta terlihat dalam acara Tanya jawab yang tampaknya peminat tidak merasa puas dengan waktu yang disajikan. Kedepannya diharapkan Forum Kemanusiaan Kota Makassar (FKKM) akan membuat diskusi sesuai bidang kemanusiaan untuk membahas pendataan, prosedur dan solusi dalam menangani setiap isu kemanusiaan dan FKKM diharapkan menjadi contoh wadah kolaborasi dan koordinasi antara lembaga kemanusiaan, pemerintah, CSR, dan masyarakat itu sendiri,” harapnya.

(My)