JAKARTA – Berdasarkan hasil dari survei yang dilakukan Lanskap kepada warga Jawa Tengah dan Jawa Timur menyatakan bahwa Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas tertinggi dibanding tokoh lainya.

Baca Juga : Sekjen PDIP: Pertemuan Ganjar-AHY Tak Ada Unsur Politik

Prabowo dominan di Jawa Timur, sementara Ganjar Pranowo memiliki keterpilihan di Jawa Tengah, daerah yang ia pimpin saat ini.

Jawa Tengah

Seandainya Pilpres digelar di Jawa Tengah pada saat survei dilakukan, Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas tertinggi yakni 22,4 persen. Ditempel ketat Prabowo Subianto dengan 20,5 persen.

Tokoh lain yang memiliki elektabilitas cukup tinggi antara lain Anies Baswedan 12,1 persen, Puan Maharani 10,2 persen, Tri Rismaharini 3,6 persen.

Dalam survei Lanskap, Prabowo paling berpotensi menang jika berpasangan dengan Ganjar. Elektabilitas Prabowo-Ganjar mencapai 65,1 persen.

Pasangan Prabowo-Puan juga tergolong tinggi elektabilitasnya, yakni 58,8 persen.

Direktur Lanskap, Mohammad Toha, mengatakan meski Puan miliki elektabilitas, namun jika disandingkan dengan Prabowo akan menjadi pemenang Pilpres.

“Meskipun Puan masih memiliki elektabilitas namun ketika dipasangkan dengan Prabowo akan keluar sebagai pemenang kompetisi pilpres,” Ungkapnya dilansir dari CNNIndonesia.com.

 

Jawa Timur

Seandainya Pilpres digelar di Jawa Timur pada saat survei dilakukan, Prabowo memiliki elektabilitas 25,4 persen. Disusul Muhaimin Iskandar 13,4 persen, Khofifah Indar Parawansa 10,2 persen.

Prabowo sangat potensial untuk menang jika berpasangan dengan Ganjar Pranowo, Puan Maharani atau Khofifah Indar Parawansa. Menurut survei Lanskap, Prabowo Ganjar sebesar 55,1 persen, Prabowo-Puan 53,8 persen, sementara Prabowo-Khofifah 50,8 persen.

“Di Jatim menemukan bahwa pasangan Prabowo-Puan, Prabowo-Ganjar dan Prabowo-Khofifah akan keluar sebagai pemenang dalam satu putaran saja,” ucap Toha.

Survei Lanskap dilakukan sepanjang 29 Juni-8 Juli 2022 dengan melibatkan 1.760 responden di Jawa Tengah dan Jawa Timur.