MAKASSAR – Bagi yang tertarik dengan hal-hal bernuansa penjajahan, tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat bersejarah ketika Hari Pahlawan di Kota Makassar.

Baca Juga : Polisi Berhasil Identifikasi 3 Korban Kecelakaan Truk Pertamina

Kota Makassar dengan seluruh keindahannya rupanya juga menyimpan sejumlah kisah penjajahan pada beberapa bagunan tua yang masih berdiri kokoh hingga hari ini.

Bagi yang tertarik dengan hal-hal yang bernuansa sejarah, mengunjungi bangunan ini di Makassar bisa menjadi pilihan yang tepat saat Hari Pahlawan.

1. Monumen Westerling Makassar

Monumen ini biasa juga disebut Monumen Korban 40.000 Jiwa. Terletak di Jalan Korban 40.000 Jiwa, Kecamatan Tallo, monumen ini dibangun untuk memperingati kematian korban pembantaian sebanyak 40.000 jiwa pada masa silam.

Menurut cerita sejarah, mayat para korban yang telah dibantai kala itu dikubur dalam sebuah lubang besar yang berada di dalam monumen tersebut. Sejumlah masyarakat mengaku kerap kali menyaksikan penampakan makhluk halus saat mengunjungi wisata horor di Makassar tersebut.

2. Benteng Fort Rotterdam

Benteng Rotterdam merupakan salah satu situs peninggalan sejarah yang sangat terkenal di kota Makassar. Menurut sejarah, benteng yang terletak di pinggir pantai sebelah barat Kota Makassar ini dibangun pada masa penjajahan Belanda.

Konon, tempat ini dulunya dilakukan pembantaian dan memakan banyak korban jiwa saat jatuh dalam kekuasaan Belanda.

Benteng Fort Rotterdam pada umumnya dikunjungi wisatawan sebagai situs bersejarah dengan bangunan bergaya khas kolonial.

3. Museum Kota

Museum Kota Makassar merupakan salah satu bangunan bersejarah peninggalan Belanda. Bangunan yang terletak di Jalan Balaikota No. 11 ini merupakan salah satu tujuan untuk berlibur di akhir pekan, khususnya di Hari Pahlawan.