MAKASSAR – Seluruh guru SMK Kehutanan Negeri Makassar mengikuti kegiatan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun 2022/2023 selama tiga hari.

Kegiatan yang dimulai pada Selasa, 19 Juli 2022 sampai dengan Kamis, 21 Juli 2022 ini berlangsung di Aula SMK Kehutanan Negeri Makassar Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 17, 5 Makassar.

Workshop tersebut juga diikuti oleh Dicapteni Wakakur Akhmad Syukur, S.Hut.

Kepala Sekolah, Mukhamad Ari Hidayanto, S.Hut menyampaikan, dalam suatu pendidikan pasti ada perubahan, kurikulum merdeka adalah wujud nyata dalam perubahan tersebut.

“Saya berharap semua civitas akademika SMK Kehutanan Negeri Makassar siap untuk berubah dengan mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar,” ujarnya.

“SMK Kehutanan Negeri Makassar, Bisa. Maju, Jaya,” sambungnya.

Seluruh Guru SMK Kehutanan Negeri Makassar foto bersama pada kegiatan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka.

Selanjutnya, pembukaan oleh DR. Rusdi, M.Pd Kepala BPPMPV KPTK (Balai Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Kelautan, Perikanan, Teknologi Informasi Dan Komunikasi.

Sementara Pemateri pada kegiatan tersebut dibawakan oleh Imran, S.Kom., M.T dan Mustafa, S.ST. Par., M.Pd.

Melalui materinya, Imran menegaskan, Kurikulum Merdeka ini cenderung pada pembelajaran Konstruktivisme yang mana lebih dititikberatkan kepada konsep student center, dalam hal ini, guru diharapkan menjadi katalisator dan fasilitator dari setiap tahapan yang diawali dari fase fondasi, fase A sampai F, yang merupakan hal baru dalam kurikulum merdeka, mulai dari tingkat PAUD, SMA-SMK hingga lulus yg merupakan fase akhir F.

“Pada fase E – F (SMA-SMK/MA-MAK), khususnya untuk jenis SMK, diupayakan institusi sekolah dapat menjalin kerjasama industrial yang lebih melekat, dikarenakan koneksitas industri dengan sekolah merupakan pengalaman belajar yang terintegrasi,” tambahnya.