MAKASSAR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar dalam meningkatkan potensi personil dalam melakukan evakuasi dan pencarian di air melaksanakan “Latihan Rutin” di Kolam Renang Mattoangin Makassar, Selasa (19/07).

Latihan rutin berupa latihan dasar selam diikuti oleh Kepala Pelaksana BPBD Kota Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin bersama Laskar Pelangi BPBD.

“Latihan ini rutin dilaksanakan dengan melibatkan seluruh personil BPBD yang tergabung dalam Tim Reaksi Cepat (TRC),” ungkap Hendra saat ditemui di Kolam Renang Mattoangin Makassar.

Kegiatan ini menurut dia rutin dilaksanakan selama 3 hari pada setiap pekannya. Selain latihan selam, juga dilaksanakan latihan Vertical Rescue, Pertolongan Pertama (PP) atau Penanganan Medis dan Kaji Cepat.

“Latihan ini juga sering dilaksanakan pada waktu senggang kantor. Ini salah satu upaya dalam meningkatkan kapasitas personil dalam melakukan tindakan pertolongan pada saat keadaan darurat,” katanya.

Dia menututurkan pemberian teori di kelas berupa pengenalan dasar selam, pengenalan alat dan tehnik menyelam yang sesuai dengan prosedur penyelaman sebelumnya sudah dilaksanakan di kantor BPBD, Jumat (01/07) lalu.

“Untuk di latihan dasar selam ini, ada dua personil perempuan yang diikutkan. Keduanya disiapkan khusus untuk menjadi tim penyelam dalam mendukung operasi pencarian di air nantinya,” tuturnya.

Lanjut dia, lanjutan dari kegiatan “Latihan Rutin” akan dilaksanakan simulasi penanganan darurat bencana dengan melibatkan seluruh personil BPBD dan stakeholder penanggulangan bencana.

“Nantinya akan dilaksanakan gladi kesiapsiagaan penanggulangan bencana, salah satunya pelaksanaan Rencana Kontijensi Banjir di Makassar dengan melibatkan seluruh potensi dan relawan PB,” ungkapnya.

Baca Juga : BPBD Makassar Hadiri Workshop Pemkot Palu-APEKSI Komwil VI

Nonton Juga