Papua – Menjelang akan digelarnya Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Papernas) XVI Papua, Mahfud Md selaku Menko Polhukam Republik Indonesia meninjau kesiapan pengamanan kegiatan tersebut.

Baca Juga : Tak Efektif Lagi, Pemkot Makassar Hentikan Program Kapal Apung COVID-19

Mahfud MD terbang menuju Merauke bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, beserta tim dari Kemenko Polhukam, dalam upaya untuk meninjau pengamanan dan kesiapan beberapa venue serta melihat perbatasan lintas batas negara di ujung timur Indonesia. Turut mendampingi juga dalam kunjungan, Kemen PUPR, Kemenpora, PB PON, KONI Pusat.

Menko Polhukam, Mahfud Md, mengungkapkan bahwa dirinya berharap agar masyarakat bisa bekerjasama dengan aparat gabungan TNI-Polri dalam menyukseskan pesta olahraga nasional yang rencananya bakal digelar bulan oktober nanti.

“Saya berharap masyarakat juga ikut bergembira dengan ini. Bantulah aparat TNI, Polri, BIN, Pemda, yang sekarang sedang menggencarkan vaksin. Pemerintah punya target Vaksin sampai dengan 70 persen, sehingga PON ini juga berjalan aman, nyaman bagi yang nanti akan ikut menonton dengan syarat tertentu,” ujar Mahfud dalam meninjau kesiapan dan pengamanan PON dan Papernas, Sabtu (11/9/2021).

Lanjut Mahfud, mengatakan bahwa dirinya ingin memastikan kesiapan pengamanan dan penerapan protokol kesehatan di beberapa venue berjalan baik, yang telah mencapai 95 persen.

“Dua hari kunjungan saya ke Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, memberikan kesimpulan secara umum bahwa PON XX dan Peparnas XVI ini Insya Allah akan bisa terlaksana dengan baik sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Semua persiapan baik fisik maupun apapun yang terkait dengan ini dapat dikatakan 95 persen sudah selesai, hal-hal yang masih kurang yang sifatnya teknis akan diselesaikan dalam waktu yang tersisa,” ungkapnya.