JAKARTA – Fenomena Citayam Fashion Week menyebar ke beberapa wilayah tanah air. Tak hanya di Jakarta, kini remaja di Surabaya, Jawa Timur hingga Makassar, Sulawesi Selatan, menggelar kegiatan serupa.

Baca Juga : Trend Citayam Fashion Week Curi Perhatian, Jokowi: Kreativitas Perlu Didukung

Citayam Fashion Week merupakan fenomena anak muda yang menggunakan zebra cross untuk memamerkan busananya layaknya seorang model berjalan di catwalk.  Kegiatan ini bermula saat pemuda Sudirman, Citayam, Bojong Gede, Depok (SCBD), berkumpul di area stasiun MRT Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

Kini, anak muda Surabaya juga menggelar kegiatan serupa di Jalan Tunjungan.  Sejumlah ABG memanfaatkan kawasan di Jalan Tunjungan yang merupakan kawasan komersial di kota Surabaya untuk catwalk dan memamerkan busana mereka.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi tak keberatan Jalan Tunjungan dijadikan venue peragaan busana, untuk anak muda di kota pahlawan, seperti Citayam Fashion Week di Sudirman, Jakarta.

Dikatakannya, Tunjungan adalah jalan yang identik dengan seni. Apalagi lokasi tersebut merupakan tempat diadakannya Tunjungan Romansa dan dekat dengan Balai pemuda.

Politisi PDI-P ini mengingatkan agar segala aktivitas pemuda tetap memperhatikan batasan.

“Tunjungan itu adalah tempat seni, tempat memunculkan [kesenian], karena itu dekat dengan Balai Pemuda yang bisa langsung mengekspresikan jiwa mudanya,” katanya, Sabtu (23/7/2022).

Tunjungan Fashion Week menimbulkan keresahan di kalangan pengemudi.  Pengendara merasa terganggu meski anak-anak menggunakan zebra cross saat lampu merah menyala.

Sementara itu di Makassar, sejumlah remaja berkumpul di Center Point Of Indonesia berjalan di atas zebra cross layaknya seorang model sedang melakukan catwalk. Tak hanya remaja, beberapa anak berusia lima tahun juga turut memeriahkan acara bertajuk Makassar Fashion Week.

Salah satu peserta Makassar Fashion Week, Rahman mengatakan kegiatan tersebut baru saja dilaksanakan dan banyak peserta yang mengikutinya. Ia menambahkan, acara tersebut menarik perhatian banyak orang yang kebetulan berada di pusat Poin Of Indonesia.

“Saya sama teman-teman, sejak hari Sabtu kemarin, tapi saya baru ikut hari ini,” katanya, Minggu (24/7/2022).

Kegiatan Makassar Fashion Week, kata Rahman, berlangsung setiap Sabtu dan Minggu, karena banyak orang datang ke CPI pada hari itu.

“Setiap sore di sini dilakukan fashion week,” tambahnya, dilansir cnnindonesia.com