MAKASSAR – Pengguna motor matik khususnya untuk produk Yamaha begitu banyak dan terus bertambah. Selain digunakan, mereka juga perlu tahu cara merawatnya. V-Belt pun menjadi salah satu yang perlu diperhatikan perawatannya.

Sekedar diketahui, Continuously Variable Transmission atau CVT matik merupakan mekanisme transmisi pada motor matik yang terdiri dari beragam komponen. Tujuannya mendukung performa sepeda motor, salah satunya yang penting adalah V-Belt.

Koordinator Manager After Sales & Motor Sports PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Riyadi Prihantono mengatakan, pengguna motor matik perlu mengetahui cara perawatannya bisa terjaga performanya.

“Sepeda motor matik menjadi pilihan mayoritas pengendara sepeda motor di Indonesia karena dinilai lebih praktis dan nyaman digunakan. Namun selain menggunakannya, pengendara wajib mengetahui perawatan yang tepat agar dapat terus menikmati kenyamanan dan performa yang terbaik dari motor matik,” ungkapnya, Minggu (24/07/2022).

“Salah satunya perawatan V-Belt sebagai komponen penting pada sepeda motor matik. Namun karena keberadaannya tidak terlihat, tepatnya di dalam sistem CVT motor matik sehingga seringkali pengendara mengabaikan perawatannya,” tambah Riyadi.

Riyadi menambahkan bahwa Yamaha selalu berupaya untuk memperhatikan motor matik keluarannya termasuk perawatannya. Hal itu untuk memastikan pengguna nyaman dalam berkendara.

“Maka sebagai pelopor sepeda motor matik di Indonesia, Yamaha terus berupaya menjaga performa sepeda motor pengendara dengan melakukan standarisasi pengecekan sepeda motor disetiap bengkel resmi Yamaha sekaligus menghadirkan produk spare part Asli Yamaha,” jelasnya.

“Selain itu, Yamaha terus mengingatkan para pengendara melalui berbagai tips perawatan sepeda motor untuk mendukung konsumen dalam merawat sepeda motornya agar tetap optimal dan nyaman saat digunakan,” ucap Riyadi.

Sebagai informasi, V-belt menjadi salah satu komponen matik yang memiliki fungsi penting untuk menyalurkan tenaga dari mesin menuju roda belakang dalam bentuk putaran. Sehingga, membuat sepeda motor dapat bergerak.