MAKASSAR – Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan, dan Teknologi Informasi Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulsel Rahnianto, Minggu (12/9) mengatakan, sebanyak 8.357 Napi dan Tahanan di 24 lapas dan Rutan se-Sulsel sudah divaksin Covid 19. Terdiri dari 4278 orang sudah divaksin dosis pertama dan 4079 sudah divaksin dosis lengkap  (pertama dan kedua).

Berdasarkan data per 12 September, isi Lapas dan Rutan di Sulsel sebanyak 10.551 orang napi dan tahanan. “Jadi yang sudah divaksin sebanyak 79,21 persen, sedang yang belum divaksin sama sekali sebanyak 2.194 orang (20,79 persen ),” Kata Rahnianto.

Baca Juga: Kakanwil Kemenkumham Sulsel Minta 31 UPT Wujudkan Pelayanan Publik Berbasis HAM

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan instansi terkait yakni Poltekes dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Makassar, Pemprov Sulsel, Pemkab dan Pemkot se-Sulsel,  TNI serta Polri agar semua WBP di Lapas dan Rutan dapat di Vaksin Covid19. Wargabinaan yang saat vaksin kemarin tidak bisa ikut karena kurang sehat. Saat ini dalam perawatan dokter dan para medis Lapas/Rutan  sehingga dapat divaksin di waktu mendatang.

“Jumat kemarin saya telah bertemu dengan bapak Kapolda Sulsel dan mohon bantuan agar pihak Polri dapat kiranya  membantu kembali memvaksin WBP yang belum di vaksin,” Kata Kakanwil Harun.

Kakanwil Harun juga mengatakan, dari 24 Lapas dan Rutan di Sulsel ada 11 Lapas dan Rutan yang capaian vaksinasinya diatas 90 persen yakni Rutan Enrekang, Bantaeng, Pinrang, Sidenreng Rappang, dan Makale. Kemudian Lapas Takalar, Lapas Makassar, Rutan Pangkajene, Watansoppeng, Malino dan Barru.