SEOUL – PT PLN (Persero) telah mulai bekerja sama dengan perusahaan kabel bawah laut Korea Selatan, LS Corporation untuk mengembangkan kabel bawah tanah dan laut untuk meningkatkan sistem kelistrikan di Indonesia, melalui penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo dan Chairman of LS Group, Ja Eun Koo, yang dilaksanakan di Lotte Hotel Seoul dan disaksikan langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, pada Kamis (28/7/2022).

Baca Juga : Kementerian ESDM Apresiasi Gerak Cepat PLN, Sukseskan Konversi LPG ke Kompor Induksi

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN berkewajian untuk semakin meningkatkan rasio elektrifikasi hingga ke pelosok tanah air. Kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan merupakan tantangan bagi PLN dan memerlukan pengembangan keahlian khusus untuk memungkinkan pembangunan jaringan listrik menggunakan teknologi kabel laut ataupun kabel tanah.

“Untuk bisa meningkatkan rasio elektrifikasi di Indonesia maka salah satu pilihannya dengan memperluas jaringan kelistrikan antar wilayah bahkan antar pulau. Untuk itu, kami di PLN perlu memperdalam teknologi kabel bawah laut,” katanya.

Kabel laut juga dibutuhkan untuk membangun interkoneksi jaringan guna mendukung pengembangan energi baru terbarukan (EBT). Konsep interkoneksi ini bisa menjadi solusi atas masalah intermitensi dari pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Tidak hanya itu, kebutuhan pembebasan lahan dan Right of Way (RoW) untuk jaringan transmisi semakin lama semakin membutuhkan dana yang lebih besar dan kompleks, sehingga perlu dilakukan pengkajian untuk menggunakan kabel bawah tanah.

Darmawan menjelaskan melalui MoU ini PLN akan melakukan penjajakan kerja sama dengan LS Corporation, dan dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan diskusi, studi, transfer pengetahuan yang akan diatur dalam naskah perjanjian yang lebih detail.

“MoU dimaksudkan untuk mengatur ketentuan dalam rangka menyiapkan tindak lanjutnya,” tuturnya.

Darmawan mengungkapkan, salah satu yang sangat diperlukan PLN adalah benchmarking dan kajian-kajian perkembangan teknologi kabel bawah tanah dan kabel laut baik AC maupun DC untuk berbagai tegangan yang diproyeksikan akan lebih kompetitif, terutama untuk pengembangan seperti offshore windturbin.

“Dan tentu saja pemanfaatan kabel tanah untuk pertumbuhan beban di perkotaan dan pemanfaatan kabel laut antar pulau,” lanjutnya.

Darmawan menambahkan, dalam kerja sama ini nantinya akan dilakukan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan transfer pengetahuan dalam bidang kabel laut dan kabel tanah.

“Melalui kerja sama ini diharapkan SDM PLN menjadi lebih terampil, lebih menguasai tekonologi jaringan kelistrikan baik di bawah tanah maupun di bawah laut karena hal tersebut kita butuhkan untuk meningkatkan rasio elektrifikasi,” jelasnya.

PLN dan LS Corporation juga akan menggali potensi kerja sama dalam pengembangan infrastruktur energi dan fasilitas pabrikasi kabel laut dan kabel tanah di Indonesia. LS Corporation mempunyai reputasi sebagai salah satu perusahaan global untuk provider teknologi kabel tanah (underground cables) dan kabel laut (submarine cables).