RAKYAT.NEWS. Jakarta – Penerbangan menggunakan kelas ekonomi mungkin tidak senyaman dan selengkap dengan kelas bisnis. Penumpang pesawat biasanya mendapat kursi yang lebih sempit dengan layanan makanan dan minuman yang terbatas. Tetapi dalam beberapa kasus, penumpang dapat meminta beberapa barang gratis kepada pramugari untuk membuat perjalanan sedikit lebih nyaman.

“Itu sangat tergantung pada maskapai tertentu dan kebijakan mereka. Selalu ada baiknya bertanya kepada pramugari apakah mereka memiliki barang-barang ini, tetapi penting untuk diingat bahwa ketersediaannya dapat bervariasi,” kata mantan pramugari Matt James dari Visitingly.com, dilansir dari Tempo.co, Minggu, 29 Januari 2023.

Rute juga membuat perbedaan, menurut mantan pramugari Susan Fogwell. “Lebih banyak barang tersedia di penerbangan transatlantik dibandingkan rute domestik,” kata dia.

Berikut adalah beberapa item yang sering dapat penumpang minta secara gratis di maskapai besar, menurut pramugari:

Perlengkapan perawatan diri dasar

Pada beberapa penerbangan jarak jauh, maskapai penerbangan dapat menyediakan kit perawatan diri dasar untuk penumpang kelas ekonomi. “Di kabin ekonomi kami, kami memiliki banyak pilihan yang tersedia bagi pelanggan, termasuk perlengkapan untuk membantu Anda menyegarkan diri seperti perlengkapan sikat gigi, penyumbat telinga, dan penutup mata untuk tidur,” kata Ben Whatman, manajer layanan dalam penerbangan Air New Zealand. Perlengkapannya tidak akan penuh dengan krim tangan mewah, seperti yang mungkin ditemukan di kelas bisnis, tetapi cukup untuk menyegarkan.

Air minum botol gratis

Penumpang mungkin tahu bahwa mereka dapat (hampir) selalu meminta secangkir air di pesawat, tetapi tahukah bahwa beberapa maskapai penerbangan akan memberi penumpang satu (atau setengah) botol jika memintanya? Apakah penumpang akan mendapatkannya atau tidak sangat bergantung pada ketersediaan, tetapi selalu patut untuk ditanyakan.