RAKYAT.NEWS, Jakarta – Seorang introver terkadang merasa bingung untuk memilih jurusan kuliah karena pertimbangan apakah prospek pekerjaannya akan sesuai dengan sifat mereka atau tidak. Bagi para introver, tidak perlu khawatir karena pada saat ini sudah tersedia banyak jurusan yang cocok dengan karakter kalian.

Tapi kamu-kamu yang introver tidak perlu takut. Simak daftar jurusan soshum dan saintek dengan kepribadian kalian beserta prospek kerja ke depannya seperti dirangkum Detikcom di bawah ini:

Jurusan Soshum  (Sosial dan Humaniora)

1.Sastra

Jurusan sastra identik dengan membaca dan menulis sehingga membutuhkan ketenangan dan konsentrasi yang tinggi. Jurusan ini cocok untuk seorang introver yang cenderung menyukai ketenangan.

Prospek dari jurusan sastra antara lain penulis novel, penulis cerpen, penerjemah bahasa, hingga akademisi.

2. Desain Grafis
Desain grafis merupakan karya seni berupa gambar yang dibuat lewat cara digital. Bagi para introver yang memiliki ketelitian, fokus, dan imajinasi yang tinggi, maka jurusan desain grafis ini bisa menjadi pilihan untuk mengembangkan karier ke depannya.

Prospek kerja dari jurusan desain grafis ini antara lain seniman, UI designer, UX designer, creative director, dan product developer.

3. Ilmu Perpustakaan
Jurusan ilmu perpustakaan jarang terdengar di telinga anak muda karena masih sedikit kampus yang menyediakan prodi yang satu ini. Namun patut diketahui bahwa jurusan ilmu perpustakaan ini cocok bagi introver karena penempatan kerjanya nanti tidak lain adalah di perpustakaan yang terkenal dengan keheningannya.

Prospek kerja dari jurusan ilmu perpustakaan ini adalah pustakawan di lembaga negeri maupun swasta.

4. Akuntansi
Jurusan akuntansi berhubungan erat dengan hitung menghitung dan ketelitian. Dalam membuat sebuah laporan keuangan, seorang akuntan tidak memerlukan banyak bicara melainkan fokus terhadap perhitungan agar seimbang. Oleh karena itu, jurusan ini pas bagi para introver yang memiliki ketelitian serta sikap disiplin yang tinggi.