JAKARTA – Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro mengungkapkan penyebab Pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID-6236 tiba-tiba melakukan pengereman mendadak saat hendak lepas landas di Bandara Soekarno-Hatta, pagi dini tadi, di duga kerena kendala mesin pada pesawat. Sabtu (30/07/2022).

Baca Juga : Ketua MPR RI: Indonesia Butuh Haluan (PPHN) dan Siap Hadapi Ancaman Krisis Global

Danang mengatakan pilot membatalkan dan menunda keberangkatan pesawat saat kondisi kecepatan mesin masih rendah, hal itu dikarenakan adanya indikator pada kokpit yang menunjukkan salah satu komponen pada pesawat yang bermasalah.

“Pilot memutuskan untuk membatalkan dan menunda keberangkatan (rejected take off/ RTO) kondisi kecepatan mesin masih rendah, dikarenakan ada indikator pada kokpit yang menunjukkan salah satu komponen pada pesawat perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut,” kata Danang dikutip dari detiksumut.

Dia juga mengungkap setelah membatalkan penerbangan, pilot langsung membawa pesawat tersebut ke apron dan melaporkan situasi yang terjadi, lalu meminta maaf kepada penumpang.

Lebih lanjut, pasalnya Penerbangan ID-6236 akan dipersiapkan menggunakan Airbus 320-200 registrasi PK-LUR dengan status kondisi laik terbang dan aman. Penerbangan ID-6236 menggunakan jadwal keberangkatan pukul 09.19 WIB dan waktu kedatangan di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin pada 12.24 WITA.

“Penerbangan ID-6236 dipersiapkan menggunakan Airbus 320-200 registrasi PK-LUR dengan status kondisi laik terbang dan aman. Penerbangan ID-6236 menggunakan jadwal keberangkatan pukul 09.19 WIB dan waktu kedatangan di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin pada 12.24 WITA,” jelasnya

Baca Juga : IOH Hadirkan Kinerja Solid di Kuartal Kedua 2022