MAKASSAR – Kelompok terbang (kloter) lima jemaah haji Kabupaten Kepulauan Selayar telah tiba di Asrama Haji Debarkasi Sudiang Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (3/8/2022).

Jemaah haji asal Kabupaten Kepulauan Selayar sebanyak 57 orang yang bergabung dengan jemaah dari Kota Makassar, Wajo dan Kabupaten Bantaeng dengan total jemaah sebanyak 393 orang tiba pada pukul 11.00 wita.

Setelah tiba di asrama haji Sudiang, sejumlah jemaah langsung sujud syukur, sebagai bentuk kegembiraan telah tiba di tanah air.

Selanjutnya jemaah langsung menjalani pemeriksaan kesehatan dengan rapid tes antigen untuk memastikan jemaah tidak terpapar covid-19. Dari hasil rapid tes antigen, semua jemaah yang tergabung dalam kloter lima ini dinyatakan negatif Covid-19.

Namun demikian, petugas kesehatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Sudiang Makassar mengingatkan agar kartu kuning yang dipegang oleh masing-masing jemaah supaya disetor sekaligus memeriksakan kesehatan ke puskesmas masing-masing setelah 20 hari kedatangan di tanah air untuk memastikan tidak ada penyakit yang dibawa dari luar negeri masuk ke Indonesia.

Jemaah dari kloter lima ini juga dilaporkan kembali utuh sebanyak 393 orang dan dalam keadaan sehat.

Sekda Kepulauan Selayar Drs. Mesdiyono, M. Ec. Dev yang hadir langsung dalam penerimaan jemaah haji kloter lima berharap semoga pelaksanaan ibadah haji yang telah dilakukakan mendapat predikat haji mabrur.

“Kemabruran haji seseorang perlu senantiasa dipelihara dan ditingkatkan. Perlu diketahui bersama bahwa salah satu ukuran mabrur tidaknya haji seseorang, bukan hanya dilihat amalan-amalan ketika berada di Tanah Suci, tetapi juga amalan-amalan ketika kembali dari tanah suci,” kata Sekda Selayar Mesdiyono.

Sekda Selayar mengimbau, kiranya para Hujaj ini dapat menjadi tauladan dalam pelaksanaan ibadah, baik yang sifatnya ibadah individual maupun ibadah-ibadah sosial.