LUWU UTARA – Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pasar Rakyat Tarue melalui Dana Tugas Pembantuan (TP) Tahun Anggaran 2022 Kementerian Perdagangan RI pada Sabtu, 06/08/2022 di Pasar Rakyat Tarue Kecamatan Sabbang Selatan.

Sekretaris DP2KUKM Kab. Luwu Utara Ir. Syahruddin dalam laporannya mengatakan, kegiatan pembangunan atau revitalisasi pasar rakyat melalui dana tugaspembantuan (TP) tahun anggaran 2022 yang bertujuan untuk peningkatan perekonomian masyarakat, penciptaan lapangan kerja dan pemberdayaan usaha mikro dan kecil.

“Dengan adanya pasar rakyat yang telah terbangun ini dapat memberikan nilai tambah bagi perekonomian masyarakat kecamatan sabbang selatan dengan harapan kedepan pasar ini dapat lebih maju seiring dengan perkembangan perekonomian masyarakat,” katanya.

Tujuan terbangunnya pasar adalah terjadinya aktifitas jual beli yang nyaman antara pedagang dan pembeli sehingga pergerakan ekonomi dan berbagai sumber seperti komunitas pedagang, komunitas perkebunan, dan komunitas kelautan dapat memberikan nilai positif dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi baik secara individu maupun secara umum.

“Pembiayaan prototipe pasar rakyat tarue dibangun melalui dana tugas pembantuan Kementerian Perdagangan RI dengan anggaran sebesar Rp3 miliar tetapi setelah melewati beberapa proses mulai dari pengajuan proposal, reviu kegiatan sampai proses lelang dan terkontrak dengan nilai kurang lebih Rp. 2,7 miliar,” lanjutnya.

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani dalam sambutannya, hari ini pihaknya kembali akan melakukan peletakan batu pertama pembangunan pasar rakyat. Tahun ini salah satunya di pasar rakyat tarue.

“Alhamdulillah luwu utara setiap tahun mendapatkan dana tugas pembantuan dari kementerian perdagangan RI. Intinya pasar rakyat ini dibangun untuk salah satunya meningatkan dalam rangka menghadapi persaingan dengan pasar modern,” ujarnya.

Pemerintah mencoba menghadirkan pasar rakyat di seluruh indonesia sesuai program presiden yang menargetkan lima ribu pasar masih terus dalam proses.