MAKASSAR – Sejumlah Puskesmas di Kota Makassar siap memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Apalagi, Puskesmas merupakan garda terdepan pelayanan kesehatan.

Kepala Puskesmas Kassi-kassi, dr Risma, mengatakan, jam operasional Puskesmas yang dipimpinnya, Senin – Kamis mulai pukul 07.30 WITA – 14.00 WITA. Hari Jumat, 07.30 WITA – 11.00 WITA, Sabtu mulai pukul 07.30 WITA – 13.00 WITA. Jadwal pelayanan ini mengacu pada survei akreditasi terkait jam pelayanan loket.

“Selama ini, meskipun ada pasien yang datang lewat dari jam pelayanan, kami tidak pernah menolak pasien. Jam pelayanan di loket bahkan dilebihkan 30 menit dari jadwal yang tertera,” ujarnya.

Jika ada pasien yang datang lewat dari jam pelayanan, kata dr Risma, maka akan diarahkan ke UGD. Sementara, pasien rujukan harus melakukan pemeriksaan dokter terlebih dahulu.

“Dokter di Poli yang akan menilai apakah pasien indikasi untuk dirujuk atau diberikan pengobatan dulu di Puskesmas. Hanya terkadang ada pasien tidak mau mengerti. Langsung mau dirujuk, padahal kita diatur oleh BPJS Kesehatan terkait rujukan,” jelasnya.

Ia menegaskan, pihaknya tidak pernah menolak pasien. Hanya, ada segelintir pasien yang tidak memahami regulasi yang ada, meskipun telah diedukasi.

“Kami tidak mungkin menolak pasien, apalagi yang kondisinya emergency,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Puskesmas Tamamaung, dr Irma Kusuma, mengatakan, pihaknya siap melayani semua pasien yang datang, baik itu pasien sakit, pasien yang ingin rujukan, hingga pasien yang ingin surat keterangan berbadan sehat. Puskesmas Tamamaung adalah puskesmas rawat jalan, dan untuk pendaftaran tidak dibatasi, selama masih jam pelayanan.

“Bahkan biasanya Hari Jumat, ketika jam pelayanan sudah berakhir tetapi ada pasien yang masih datang berobat, kami masih layani. Kami memang tidak langsung pulang, karena petugas harus menyelesaikan semua administrasi dulu,” bebernya.