JAKARTA – Rupiah berada di angka Rp14 ribu terhadap Dolar AS dan menjadi mata uang dengan nilai tukar terendah didunia jika dibandingkan dengan mata uang asing tersebut. Meski demikian, masih ada negara yang nilai tukarnya lebih rendah dibandingkan dengan Rupiah.

Baca Juga : Rupiah Sentuh Angka Rp14.876 per Dolar AS

Dilansir dari CNNIndonesia.com, terdapat tiga negara yang nilai mata uangnya lebih rendah daripada Rupiah.

1. Laos Kip (LAK)

Negara pertama yang memiliki nilai tukar mata uang yang lebih rendah jika dibandingkan dengan Indonesia Rupiah adalah Laos.

Negara yang berbatasan langsung dengan Vietnam, Thailand, dan Cina ini sendiri memiliki mata uang yang disebut dengan Kip.

Sejatinya, nilai tukar Kip Laos dengan Indonesia Rupiah tidaklah terpaut jauh, bahkan bisa dikatakan sangat mirip.

Per Agustus 2022, nilai tukar Kip Laos terhadap Rupiah adalah 1,02. Sementara untuk 1 dolar AS kurang lebih setara dengan 15.217 Laos Kip.

2. Vietnam Dong (VND)

Meski Vietnam terlihat sebagai negara di Asia Tenggara yang cukup maju, namun ternyata nilai tukar uangnya Vietnam Dong terhadap Rupiah masih cukup rendah.

Bahkan nilai tukar Vietnam Dong lebih rendah jika dibandingkan dengan negara Laos.

Untuk saat ini, 1 dolar AS kurang lebih setara dengan 23.397 Vietnam Dong. Sedangkan nilai tukar dari 1 Vietnam Dong setara dengan Rp1,58. Dengan kata lain, jika Anda memiliki uang Rp10 Ribu, bisa ditukarkan dengan lebih dari 15 ribu Dong.

3. Iran Rial (IRR)
Negara dengan mata uang yang lebih rendah jika dibandingkan dengan Rupiah berikutnya adalah Iran Rial. Sudah sejak zaman dahulu, mata uang berkode IRR ini memiliki nilai tukar yang terendah di dunia.