Jakarta – Lebih senang Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim didampingi Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka melakukan tinjauan ke sejumlah sekolah di wilayah Surakarta, Selasa,(14/9/2021)

Baca juga: Bioskop Diperbolehkan Buka, Luhut: Hanya Daerah Kategori Hijau

Nadiem mengatakan bahwa kunjungan pertamanya dilaksanakan di SMA 4 Surakarta, dengan melihat pengimplementasi PTM, dan mengimbau kepada guru dan siswa siswi untuk jaga jarak, karna ternyata adik-adik lebih suka PTM terbatas daripada .

“Saya tadi tanya adik-adik, ternyata semuanya lebih senang PTM terbatas. Kalau tidak mau kembali belajar jarak jauh, kita harus sama-sama jaga diri. Pakai masker, dan jaga jarak selalu,” ujanya di lansir kompas.com, Selasa (14/9/2021).

Ia menyampaikan peran orang tua sangat penting dalam pelaksanaan PTM dan harus proaktif berkordinasikepad sekolah ,dan selalu mengingatkan anaknya agar selalu mematuhi protokol kesehatan.

“Peran orangtua juga tak kalah pentingnya untuk menyukseskan PTM terbatas. Harus proaktif berkoordinasi dengan sekolah dan mengingatkan anaknya agar selalu displin protokol kesehatan,” ujarnya.

Setelah melihat PTM terbatas di SMA Negeri 4 Surakarta, Nadiem melanjutkan peninjauan ke SMP Negeri 1 Surakarta sekaligus sekaligus memberikan arahan kepada para guru dan murid untuk tidak mesti mempersiapkan dengan khusus, jalani apa adanya dan jadikan pelajaran.

“Para guru dan murid tidak perlu persiapan khusus. Jalani AN dengan apa adanya hasilnya dapat menjadi bekal kita dalam melakukan perbaikan bersama,” ujarnya.

Selain itu, Nadiem juga memberi semangat kepada para peserta yang belum lulus tes.untuk jangan putus asa,karena masih ada kesempatan untuk mengikuti ujian.

“Bagi para peserta yang belum lulus, jangan putus asa. Ada kesempatan untuk mengikuti tes sebanyak tiga kali,” ucapnya.