RAKYAT.NEWS, Sains – Fosil ikan berusia 319 juta tahun, yang diambil dari tambang batu bara di Inggris lebih dari seabad yang lalu, telah mengungkap contoh tertua dari otak vertebrata yang terawetkan dengan baik, demikian ungkap para peneliti.

Hasil pemindaian menunjukkan bahwa tengkorak makhluk tersebut berisi otak dan saraf di bagian belakang otak yang panjangnya sekitar satu inci. Para ilmuwan dari University of Birmingham dan University of Michigan (AS) meyakini bahwa penemuan ini membuka jendela ke dalam susunan otak dan sistem saraf, serta evolusi awal dari kelompok utama ikan yang masih hidup saat ini, yaitu ikan bersirip pari.

Temuan ini memberikan cahaya baru pada pengawetan bagian lunak pada fosil-fosil hewan bertulang belakang, kata para peneliti. Sebagian besar fosil hewan dalam koleksi museum terbentuk dari bagian tubuh yang keras seperti tulang, gigi, dan cangkang.

Penulis senior, Dr Sam Giles dari University of Birmingham mengatakan, temuan tak terduga dari otak vertebrata yang diawetkan secara tiga dimensi ini memberi kita wawasan yang mengejutkan tentang anatomi saraf ikan sirip pari. Ini memberi tahu kita pola evolusi otak yang lebih rumit daripada yang disarankan oleh spesies hidup saja, memungkinkan kita untuk lebih mendefinisikan bagaimana dan kapan ikan bertulang saat ini berevolusi.

“Perbandingan dengan ikan yang masih hidup menunjukkan bahwa otak Coccocephalus paling mirip dengan otak ikan sturgeon dan ikan dayung, yang sering disebut ikan ‘primitif’ karena mereka berbeda dari semua ikan sirip pari yang masih hidup lebih dari 300 juta tahun yang lalu,” kata Sam, dilansir dari Independent.co.uk, Kamis, 2 Februari 2023.

Para peneliti menganalisis otak Coccocephalus wildi, ikan sirip pari purba yang kira-kira seukuran ikan air tawar yang berenang di muara dan kemungkinan besar memakan krustasea kecil, serangga air, dan cephalopoda, sebuah kelompok yang saat ini termasuk cumi-cumi, gurita, dan sotong. Ikan sirip pari memiliki tulang punggung dan sirip yang ditopang oleh batang tulang yang disebut sinar.