RAKYAT NEWS, JAKARTA – Donald Trump, Calon Presiden dari Partai Republik AS, berjanji akan mengakhiri krisis internasional dan mengembalikan reputasi Amerika di dunia. Dia menyatakan bahwa bisa “menghentikan perang hanya dengan panggilan telepon.”

Dalam pidato di Konvensi Partai Republik di Milwaukee pada Kamis (18/7), Trump mencoba menyoroti keadaan dunia di bawah pemerintahan Joe Biden. Dia mengatakan bahwa dunia ini “sedang menghadapi ancaman Perang Dunia III.”

“Kita akan memulihkan perdamaian, stabilitas, dan harmoni di seluruh dunia,” kata Trump, dilansir kantor berita AFP, Jumat (19/7/2024), tanpa memberikan rincian apa pun tentang cara melakukan hal tersebut.

“Di bawah kepemimpinan kita, Amerika Serikat akan kembali dihormati. Tidak ada negara yang mempertanyakan kekuatan kita, tidak ada musuh yang meragukan kekuatan kita, perbatasan kita akan sepenuhnya aman,” imbuhnya.

Trump menyalahkan Biden atas konflik global, bahkan yang sudah terjadi sebelum kepemimpinan Biden.

“Perang kini berkecamuk di Eropa, Timur Tengah, dan momok konflik yang semakin besar membayangi Taiwan, Korea, Filipina, dan seluruh Asia,” cetus Trump.

Dia berkomitmen untuk mengubah situasi ini jika terpilih kembali sebagai presiden.

“Saya akan mengakhiri setiap krisis internasional yang diciptakan oleh pemerintahan saat ini, termasuk perang mengerikan dengan Rusia dan Ukraina,” kata Trump.

“Namun untuk mencapai masa depan ini, pertama-tama kita harus menyelamatkan bangsa kita dari kepemimpinan yang gagal dan bahkan tidak kompeten,” ujarnya.

Trump juga mengungkapkan bahwa pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, ingin melihatnya kembali di Gedung Putih setelah pertemuan langsung mereka saat masa kepresidenan.

“Saya cocok dengannya, dia juga ingin melihat saya kembali. Saya pikir dia merindukan saya, jika Anda ingin tahu,” kata Trump.