RAKYAT.NEWS, Properti – Rumah adalah hunian jangka panjang bahkan seumur hidup . Proses membeli rumah juga harus mempertimbangkan legalitas tanah serta izin mendirikan bangunan agar tidak menyesal di kemudian hari. Nah berikut di bawah ini pesan buat generasi milenial atau Gen Z yang kelak akan beli rumah pertama.

Dalam memilih rumah pertama, seperti dilansir Prime360, Senin, 30 Januari 2023, paling pertama yang harus dipastikan adalah legalitasnya. Supaya tidak ada masalah di masa depan. Jika ada dokumen legalitas yang kurang, sebaiknya urungkan pembelian. Soalnya dokumen legalitas sangat penting, jika ada yang kurang maka kelak bisa terkena masalah. Dengan demikian, saat beli rumah pilih unit yang legalitasnya lengkap. 

Selain legalitas, pastikan juga lokasi unit rumah strategis. Dekat dengan fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, stasiun, dan lainnya. Supaya aksesibilitas jadi lebih mudah dan cepat. Biaya transportasi bisa ditekan. 

Di sisi lain, rumah yang lokasinya strategis harus ditebus dengan anggaran yang besar. Sesuai dengan kentungan yang didapat. Sebaliknya lokasi rumah yang berada di pinggiran harganya lebih terjangkau. Jadi pas mau beli rumah sesuaikan anggarannya juga. Saat punya anggaran besar, sebaiknya beli rumah di pusat kota. Namun jika kekuatan dana terbatas, sebaiknya beli rumah di pinggiran. 

Tidak perlu memaksakan beli rumah di pusat kota, jika dana terbatas. Hal yang lebih penting adalah punya rumah sendiri sehingga kualitas hidup keluarga maksimal serta merasakan kenyamanan. 

Berikut tips beli rumah pertama yang nyaman:

Lingkungan aman dari banjir dan tanah longsor

Beli rumah baru harus memilih lokasi yang aman. Terutama aman dari banjir dan tanah longsor. Rumah yang terkena banjir bakal mudah rusak, kemudian rumah tidak nyaman buat dijadikan tempat tinggal. Aktivitas di dalam rumah tidak akan lancar, istirahat pun tidak enak. 

Ditambah lagi, hindari lokasi rumah yang berpotensi longsor. Tingkat kemiringan rumahnya sangat curam sehingga saat musim hujan deras, bisa was-was. Bahkan jika kejadian longsor maka akan membahayakan jiwa. Di sisi lain, kerugian materi juga.

Oleh karena itu, selalu pastikan bahwa rumah yang hendak dibeli untuk keluarga aman dari bencana. Untuk menggali aman atau tidaknya lokasi rumah, bisa gali informasi dari berbagai sumber. Mulai dari developer rumah, pihak RT, serta warga sekitar. 

Pilih rumah yang asri

Desain rumah dan lingkungannya sangat mempengaruhi kualitas hidup keluarga. Apalagi hidup di iklim tropis yang panasnya menyengat, dengan demikian pilih desain rumah yang asri. 

Unit rumah dilengkapi dengan sistem ventilasi yang bagus. Hal ini mendorong sirkulasi udara rumah lebih lancar sehingga udara rumah lebih asri.

Di sisi lain, ventilasi yang bagus akan mendorong cahaya alami masuk ke dalam rumah. Ruangan jadi lebih hangat sehingga tidak lembab. Nah, yang lebih penting lagi pilih unit rumah dambaan yang punya desain atap tinggi. Rumah atap tinggi akan terasa lebih lebar. Nyaman untuk dijadikan tempat tinggal.

Pilih rumah yang dijaga satpam 24 jam

Keamanan adalah dasar dari kenyamanan keluarga. Jadi pilih rumah yang aman sehingag aset di dalam rumah terjaga dari hal-hal kriminal seperti pencurian. 

Alhasil pilih unit rumah yang berada di klaster dengan penjagaan 24 jam. Kemudian ada beberapa kamera pengawas di beberapa titik.  

Tips beli rumah pertama ini bisa dipraktikkan sekarang juga. Untuk keluarga milenial yang ingin beli rumah nyaman secara cepat, hubungi agen properti digital Prime360. (AS)