RAKYAT.NEWS, Surabaya – Kepala Kanwil Kemenag Sulsel Khaeroni yang didampingi Kabag TU Ali Yafid dan Ketua Tim Humas, Data dan Informasi Mawardi Siradj menghadiri Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agama RI di Hotel Platinum Surabaya, Sabtu, 4 Februari 2023.

Rakernas 2023 yang dibuka langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas ini diikuti seluruh jajaran eselon I dan II, pusat dan daerah. Hadir juga para pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN). Rakernas kali ini juga diikuti secara daring oleh para Kepala Kantor Kemenag Kabupaten dan Kota, Pimpinan Satker Kemenag se-Indonesia, dan akan berlangsung tiga hari, 4 hingga 6 Februari 2023.

Dalam Laporannya, Sekjen Kemenag RI Nizar Ali mengungkapkan bahwa ada lima tujuan utama yang mau dicapai dalam Rakernas kali ini. Yakni, melakukan evaluasi capaian kinerja tahun 2022, merumuskan strategi pelaksanaan program Kemenag 2023.

Mempertajam arah kebijakan Kementerian Agama tahun 2023. Meningkatkan tata kelola kepemerintahan dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang bersih dan melayani serta meningkatkan kualitas pelayanan publik di lingkungan Kementerian Agama.

Lebih lanjut, Nizar Ali menyampaikan beberapa poin penting yang diangkat Gus Menteri dan harus menjadi perhatian serius dalam Rakernas kali ini, antara lain indeks profesionalisme ASN Kemenag. “Yang perlu ditingkatkan, indeks moderasi beragama dan komitmen kebangsaan ASN Kemenag yang harus diupgrade,” kata Nizar dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu, 4 Februari 2023.

Menteri Agama Yaqut dalam arahannya menegaskan bahwa Kemenag butuh ASN yang responsif, detail dan solutif terhadap masalah umat, juga keterlibatan aktif ASN dalam pencegahan kekerasan seksual dan isu krusial lainnya di lingkungan pendidikan dan di tengah masyarakat.