RAKYAT.NEWS, Makassar – Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla mengatakan segera mengirim bantuan kemanusiaan ke Turki untuk membantu korban terkena dampak gempa. Gempa dahsyat bermagnitudo 7,8 terjadi di wilayah Turki-Suriah pada, Senin, 6 Februari 2023 dini hari waktu setempat.

“Indonesia akan segera membantu, apalagi Turki ini luar biasa bantuannya pada tsunami Aceh, PMI juga akan bergerak membantu,” kata JK, dalam keterangan tertulis yang diterima usai menghadiri puncak peringatan 1 abad NU di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa, 7 Februari 2023.

JK menganggap Turki berjasa terhadap Indonesia. Bala bantuan saat bencana kemanusiaan di Aceh 2004 silam, menurutnya jadi kesan yang tak terlupakan. Mantan Wakil Presiden RI itu juga turut prihatin atas musibah yang membuat banyak korban di sana. “Turut berduka cita atas gempa yang terjadi di Turki,” imbuh JK.

Gempa yang terjadi Senin dini hari waktu setempat dilaporkan meluluhlantakkan banyak bangunan di Kawasan kota hingga daerah lain di sana. Pihak berwenang Turki memaparkan sejauh ini mencatat total 2.379 orang meninggal dunia dan 14.500 orang terluka akibat gempa paling dahsyat sejak 100 tahun terakhir ini. Turki pun mendeklarasikan tujuh hari masa berkabung untuk menghormati para korban dan keluarga yang berduka.