RAKYAT.NEWS, Papua – Kapolda Papua Irjen Mathius mengungkapkan hasil penyelidikan lanjutan soal pembakaran pesawat Susi Air di di Landasan Terbang Paro, Dostrik Paro, Kabupaten Nduga, pada Selasa, 7 Februari 2023. Terduga pembakar pesawat adalah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

“Jadi tanggal 4 Januari ini ada kelompok itu datang, yang mereka mencurigai bahwa 15 pekerja yang akan membangun bangunan puskesmas di Paro itu ada anggota TNI atau BIN di dalam,” kata Mathius di Hotel Sultan, Jakarta, dilansir dari Kompas.com, Kamis, 9 Februari 2023.

Mathius mengatakan, kelompok tersebut juga sempat memeriksa 15 warga penumpang pesawat yang hendak membangun puskesmas di wilayah setempat. Polisi kemudian berkoordinasi untuk mengevakuasi para pekerja pascakejadian itu.

“Sehingga kami meminta kepada kapolres berkoordinasi dengan bupati karena kami tauu watak mereka, untuk segera dievakuasi, dikeluarkan dari Paro, karena kami tidak mau ada pembantaian,” terang Mathius.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo juga menyampaikan,15 pekerja tersebut dicurigai sebagai intel hingga dibawa oleh mereka. Selain KKB membakar pesawat Susi Air yang lepas landas dari Bandara Moses Kilangin, Mimika, Papua Tengah dan mendarat di Landasan Terbang Paro, Distrik Paro.

Sumber: Kompas.com