RAKYAT.NEWS, Internasional – Pasangan transgender di negara bagian Kerala, India selatan merupakan pasangan pertama di negara ini yang menjadi orang tua kandung. Ziya Paval, seorang penari, mengumumkan bahwa pasangannya, Zahad, telah melahirkan seorang bayi di sebuah rumah sakit pemerintah di kota Kozhikode pada hari Rabu, 8 Februari 2023 waktu setempat.

Pasangan ini belum mengungkapkan identitas jenis kelamin bayi yang baru lahir tersebut. “Air mata kegembiraan mengalir deras,” tulis Paval di Instagram sembari membagikan foto bayi yang baru lahir. Zahad, 23 tahun, dan anak yang dilaporkan lahir hampir sebulan lebih awal itu, dalam keadaan baik-baik saja. “Saya sangat bahagia. Hari ini adalah hari di mana saya bisa menggendong bayi saya,” kata Ms Paval, 21, kepada ANI.

Dia menambahkan bahwa anak itu memiliki “sedikit susu” dan “baik-baik saja”, dengan “tidak ada masalah secara fisik atau mental”. Pasangan itu sedang menjalani prosedur transisi gender tetapi memutuskan untuk menghentikan pengobatan agar mereka dapat memiliki bayi.

“Ketika kami mulai hidup bersama tiga tahun yang lalu, kami pikir hidup kami harus berbeda dari transgender lainnya. Kebanyakan pasangan transgender diboikot oleh masyarakat dan juga keluarga mereka,” kata Paval sebelumnya. “Kami menginginkan seorang bayi, sehingga kami dapat meninggalkan sesuatu dari diri kami sendiri bahkan setelah hari-hari kami di dunia ini berakhir.”

Orang-orang transgender secara resmi diakui sebagai “jenis kelamin ketiga” di India pada tahun 2014. Meskipun telah diakui, komunitas ini masih terus menghadapi diskriminasi dan stigma. Menteri Kesehatan Kerala, Veena George, dilaporkan telah berbicara dengan Ms Paval melalui telepon dan mengarahkan pengawas rumah sakit untuk memberikan perawatan gratis kepada Zahad dan bayi yang baru lahir. Rumah sakit telah diarahkan untuk memberikan ASI kepada bayi tersebut dari bank ASI.