RAKYAT.NEWS, Internasional – Ratusan ribu kucing di Jepang dipasangi cip. Data pemerintah Jepang memperlihatkan jumlah kucing peliharaan yang dipasang cip mikro sekitar 40 persen dari jumlah anjing peliharaan. Meskipun aturan yang mewajibkan memasang cip mikro diberlakukan pada Juni mendatang.

Kementerian Lingkungan pemerintah Jepang mengatakan, 189.000 kucing yang dipasang cip mikro terdaftar dalam basis data pemerintah per Selasa, 21 Februari 2023. Sementara jumlah anjing yang terdaftar sekitar 453.000.

Revisi hukum yang berlaku mulai Juni mewajibkan penjual hewan peliharaan untuk memasang cip mikro elektronik pada anjing dan kucing. Pemilik juga harus mendaftarkan nomor identitas peliharaan mereka ke basis data pemerintah sekaligus nama, alamat, dan nomor telepon pemilik.

Menurut pemerintah setempat dilansir dari NHK.or.jp, Kamis, 23 Februari 2023, langkah tersebut bertujuan untuk memudahkan identifikasi pemilik jika hewan peliharaan itu hilang dan mengurangi jumlah hewan yang terlantar.

Pemasangan cip mikro tidak wajib saat pemilik tidak membeli hewan peliharaannya dari penjual. Kementerian itu mengatakan kucing kerap diadopsi atau diselamatkan dan itu kemungkinan menjadi sebab banyak yang belum dipasang cip mikro.

Survei yang dilakukan Asosiasi Makanan Hewan Peliharaan Jepang memperlihatkan pada tahun lalu di Jepang diperkirakan terdapat 8,8 juta kucing peliharaan dan tujuh juta anjing peliharaan. Jumlah kucing melampaui anjing untuk sembilan tahun berturutan.

Sumber: NHK.or.jp