RAKYAT.NEWS, Jakarta – Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi mengajak segenap penyelenggara haji dan umrah yang tergabung dalam berbagai asosiasi untuk bergerak dan berkembang bersama. Wamenag menggagas pentingnya pembentukan Tim Umrah dan Haji Indonesia.

Gagasan ini disampaikan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi saat membuka Musyawarah Nasional IV Asosiasi Penyelenggara Ibadah Haji, Umrah, dan In-Bound Indonesia (Asphurindo) tahun 2023 M/1444 H, Jumat, 24 Februari 2023. Kegiatan yang dihadiri puluhan perwakilan penyelenggara haji dan umrah ini mengusung tema Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

“Saya menginginkan kita semua dapat bergerak bersama dengan semangat untuk berkembang bersama, bukan saling menjatuhkan dan mengambil manfaat dari kesulitan pihak lain. Saya menekankan perlunya diwujudkan Tim Umrah Indonesia dan Tim Haji Indonesia ” ujar Wamenag di Jakarta, dilansir dari laman resmi Kemeneg.go.id, Sabtu, 25 Februari 2023.

Menurut Wamenag, pembentukan tim ini didasari oleh semangat bahwa pemerintah dan seluruh pelaku usaha umrah dan haji di Indonesia harus mampu menjadi satu tim yang kuat.  Saat berurusan ke luar negeri, lanjut Wamenag, yang ada adalah satu tim yang kuat bernama Tim Umrah dan Tim Haji Indonesia.

“Sekali lagi saya tekankan, saya tidak ingin masing-masing pelaku usaha berjalan sendiri-sendiri. Saya berharap agar forum Munas ke-IV Asphurindo ini menjadi titik pijak penting bagi pemerintah dan seluruh pelaku usaha Umrah dan Haji Khusus untuk makin menjalin kesepahaman dan disiplin atas regulasi terkait,” terang Zainut. “Kita patuhi hal ini sebagai bagian dari upaya untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi umat,” tegasnya.

Wamenag Zainut juga menekankan pentingnya semua pihak terkait  Penyelenggaraan Haji (baik Haji Reguler maupun Haji Khusus) dan Umrah agar  membuka diri untuk membangun dan menjalankan konsolidasi, sinergi, dan kolaborasi.