RAKYAT.NEWS, Gowa – Warga Kelurahan Romang Polong, Kecamatan Somba Opu, Gowa, melakukan aksi blokade jalan di Jl. Mustafa Dg. Bunga, Jumat sore, 10 Maret 2023.

Warga menutup jalan tersebut dengan membentangkan spanduk bertuliskan “PERBAIKI JALAN KAMI” serta membakar beberapa ban bekas.

Aksi ini dilatarbelakangi keresahan warga Romang Polong atas kerusakan jalan yang ada di beberapa titik Jl. Mustafa Dg. Bunga.

Lutfi, perwakilan dari Aliansi Pemuda Romang Polong menjelaskan, kerusakan jalan tersebut berada tepat di depan Puskesmas dan Kantor Kelurahan.

“Ada dua titik yang rusak parah yakni di depan Puskesmas dan depan Kantor Lurah. Itu semua adalah fasilitas umum yang alangkah tidak baiknya jalan itu rusak pas di depannya,” jelasnya.

Lutfi juga mengungkapkan kekecawaannya atas respon pemerintah yang selama ini hanya berbentuk tinjauan dan belum ada tindakan berarti.

“Pemerintah datang hanya meninjau. Tinjauan itu pun ada satu tahun yang lalu, sementara jalan yang rusak ini sudah bertahun-tahun,” ungkap Lutfi.

Sementara itu, Camat Somba Opu, Agus Salim, mengatakan perbaikan Jl. Mustafa Dg. Bunga menunggu tindak lanjut dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

“Kewenangan kami hanya mengusulkan, tindak lanjutnya adalah tanggung jawab Pemprov,” pungkasnya.

Saat azan Magrib berkumandang jalan kembali dibuka dan massa membubarkan diri dengan tertib.

Dan sebelum aksi bubar, Camat Somba Opu berjanji akan menindaklanjuti tuntutan warga dengan melakukan audiensi.