Makassar – Bahan Bakar Minyak (BBM) Saat ini memiliki jenis yang beragam di pasaran, tetapi seringkali kita tidak sadar dan hanya memilih berdasarkan harga termurah. Padahal, nyatanya pilihan penggunaan bahan bakar dengan pertimbangan ekonomis rupanya bisa membuat kendaraan kita jadi lebih boros.

Baca Juga : Hasrul Hasan Sebut Masih Banyak Blackspot Potensi Siaran Tidak Sehat di Sulsel

Bahkan, pemilihan serta penggunaan bahan bakar dengan oktan rendah yang tidak sesuai jenis kendaraan rupanya dapat berakibat fatal terutama kerusakan pada mesin.

Hal tersebut diungkapkan oleh salah seorang instruktur mekanik, Muhammad Arief Munafri, yang telah memiliki pengalaman selama 5 tahun bergelut di dunia perbengkelan mengungkap beberapa fakta kondisi mesin yang ia temui seringkali dalam keadaan memperihatinkan. Padahal, pemakaiannya masih baru dan kurang dari 5 tahun.

Perlu diketahui, bahwa kualitas bahan bakar khususnya jenis bensin atau gasoline dilihat dari angka oktannya atau biasa disebut dengan RON (Research Octane Number).

Jika semakin tinggi nilai oktan, maka semakin baik pembakarannya untuk mesin kendaraan dan semakin sedikit menghasilkan emisi gas buang kendaraan.

Untuk BBM jenis gasoline saat ini di pasaran terdapat RON 88 Premium atau setara, RON 90/91 Pertalite atau setara, RON 92 Pertamax atau setara, RON 95/98 Pertamax Turbo atau setara.

Mekanik Bengkel Honda Sanggar Laut Group Kota Makassar, Arief, mengatakan bahwa saat ini konsumen seharusnya cermat dalam memilih bahan bakar, karena telah banyak keluhan dari pelanggan Ia dapatkan dengan mobil bermasalah di awal tahun pemakaian karena memakai bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan.

“Pelanggan awam paham mengisi bahan bakar, tapi tidak paham apa yang buat mobil bisa jalan dengan performa maksimal dan bikin awet mesin kendaraan,” kata Arief kepada media, Selasa (14/9/2021).